Friday 4 July 2014

You've Gotta Read This 11 Books

Haiiii, ada yang tahu ada apa di tanggal 4 Juli ini? Yap, pada tanggal 4 Juli 2003, lahirlah Gagasmedia dan sekarang penerbit kece satu ini udah SEBELAS tahun! wow! Gak kerasa ya? Padahal tahun kemarin sempat ngeramein #Unforgotten dan sekarang udah #11TanpaBatas aja, time sure is fleeting! Dan Gagasmedia juga semakin berkembang serta tetap menjadi penerbit paling favorit, gak heran buku terbitan Gagasmedia banyak diminati kawula muda.

Gagasmedia juga tetap produktif mengahasilkan buku-buku berkualitas, covernya yang selalu eyecatching dan blurbnya yang menggoda adalah hal-hal yang tak terpisahkan dari penerbit satu ini. Gak cuma tampak luarnya aja, dalemnya juga gak kalah seru, isi cerita yang disuguhkan selalu menarik dan berkesan, seperti sebelas novel ini:

1. Unfriend You by Dyah Rinni
Aku adalah noda untuk dosa yang tak kulakukan.
Aku mencoba bertahan, berusaha mengerti; 
mungkin ada bagian dari dirimu yang tak bisa kuraih.
Namun, yang tak kunjung kupahami,
mengapa ada persahabatan yang menyakiti?
STOP BULLY!! Novel ini mengusung tema bully. Teman adalah orang yang tak paling dekat di sekitar kita, tapi gimana kalau teman kamu ngebully teman kamu yang lain? Harus mihak sama yang mana kita? Apa tindakan yang harus kita lakukan? Nah, di novel ini kita diajarkan banyak hal, pesannya juga sangat jelas tapi diceritakan dengan menarik. Keren!!

2. The Truth About Forever by Orizuka

Seberapa berharga sih satu detik itu? Tik. Sebentar saja dia langsung berlalu. Tik. Satu detik pergi lagi. Tak ada harganya.

Tapi tunggu sampai kau sadar waktumu hampir habis. Tik. Kau ingat selama ini jarang beramal. Tik. Kau teringat mimpi-mimpi yang nggak sempat kau wujudkan. Tik. Kau sadar nggak cukup menyayangi keluarga dan teman-temanmu. 
Tik. Tik. Tik. Kau panik, takut menyia-nyiakan lebih banyak waktu lagi.

Yogas merasa demikian ketika divonis nggak akan berumur panjang. Tapi bukannya memanfaatkan waktu yang tersisa sebaik-baiknya, dia malah diam-diam pergi ke Yogyakarta. Kedatangannya ke sana nggak lain untuk balas dendam kepada orang yang dianggapnya bertanggung jawab atas semua ini. Bahkan kalau perlu, mati bersama.

Saat itulah cinta datang. Memberi pengharapan, membuatnya merasakan setitik kebahagiaan di dalam kelam hidupnya. Dan sekarang, keputusan itu ada di tangan Yogas. Karena cinta dan benci nggak akan pernah akur.

Jadi, Yogas..., pilih yang mana? Sementara kamu berpikir.... Tik.
Novel ini mengaduk emosi banget, gak percaya? Coba baca deh, di awal kamu pasti senyum-senyum terus ketawa-ketawa dengan humornya yang asyik dan di akhir.....jeger! nangis deh, hehehe. Tapi beneran ini juga maknanya dalem banget, ditambah karakternya yang lovable.

3. Bangkok by Moemoe Rizal
Pembaca tersayang,
Siapkan paspormu dan biarkan cerita bergulir. BANGKOK mengantar sepasang kakak dan adik pada teka-teki yang ditebar sang ibu di kota itu. Betapa perjalanan tidak hanya mempertemukan keduanya dengan hal-hal baru, tetapi juga jejak diri di masa lalu.
Di kota ini, Moemoe Rizal (penulis Jump dan Fly to The Sky) membawa Edvan dan adiknya bertemu dengan takdirnya masing-masing. Lewat kisah yang tersemat di sela-sela candi Budha Wat Mahathat, di antara perahu-perahu kayu yang mengapung di sekujur sungai Chao Phraya, juga di tengah dentuman musik serta cahaya neonyang menyala di Nana Plaza, Bangkok mengajak pembaca memaknai persaudaraan, persahabatan, dan cinta. 
เที่ยวให้สนุก, tîeow hâi sà-nùk, selamat jalan,
EDITOR
Bangkok ini menyimpan banyak hal, perjalanan untuk menemukan jurnal-jurnal tua yang berisi kenangan, konflik yang bagus dan beberapa kejutan tentang karakternya. Dengan sudut pandang pengarang cowok, aku ditemuin sama hal-hal yang gak kepikiran sama aku yang cewek ini, wow!

4. I For You by Orizuka


Suatu hari dalam hidupku, kau dan aku bertemu. Masih jelas di ingatanku sosokmu yang memukauku. Lidahku jadi kelu, mulutku terkatup rapat karena malu. Setiap malam, bayangmu menari-nari dalam benakku.

Ada sejuta alasan mengapa aku begitu memujamu. Kau menyinari relung gelap hatiku. Kau satu-satunya orang yang ingin kurengkuh. Kau yang bertanggung jawab atas segala rindu. Kau adalah yang teristimewa bagiku.

Tanda-tandanya sudah jelas: aku menyukaimu. Tetapi, bagaimana caranya untuk mendekatimu? Kau begitu jauh, sulit kuraih dengan jari-jemariku.

Dan semakin lama, aku mulai menyadari satu hal. Bahwa kau dan aku mungkin ditakdirkan tak bisa bersatu....
Another Orizuka, tapi cerita ini memang mengesankan. Karakter Princessa dan Benjamin yang sempurna, tapi dibalik itu menyimpan rahasia besar, dengan gaya bahasa yang nyaman dan gak bikin bosen, novel ini juga nyaris buat aku nangis.

5. Unbelievable by Winna Efendi
In the world of popularity, being perfect is everything. Kamu adalah pusat perhatian, jadi pastikan kamu memang layak mendapatkannya.
Kamu juga harus mengerti, tujuan tampil sempurna adalah demi dibenci. Di dunia kami, dibenci dan dicemburui adalah sebuah pujian. So true, Dahling! Orang-orang seperti tak bosan bergosip tentang Paris Hilton, tetapi apa yang dia dapat di kemudian hari? Kontrak reality show sendiri dan signature perfume yang dijual di seluruh dunia.
Cantik itu wajib hukumnya dan kesempurnaan adalah segalanya. Pastikan kau selalu tampil memesona dan bungkam mereka dengan senyuman terbaikmu. Satu kesalahan kecil saja - voila! - bibir-bibir ber-lipgloss itu pasti ramai menghabisimu...
Seri Glam Girls satu ini, emang, ceritanya kayak film-film barat dimana cewek-ceweknya gila fashion dan popularitas, tapi pembawaannya seru, ditambah karakter cowok, Mario yang aku-jatuh-cinta-berat, hehe. Banyak yang diceritain di sini, persahabatan, cinta dan pengkhianatan, semua dikemas dengan menarik.

6. Bittersweet Love by Netty Virgianti & Aditia Yudis
Merindukanmu adalah satu-satunya kata yang dapat menggambarkan rasa ini. Dan semuanya dimulai sejak aku kehilanganmu.
Ketika waktu membawakan pilihan-pilihan lain untukku, langkahku masih terbelit oleh ingatan tentangmu. Kasih sayang yang seluruhnya milikku pun harus terbagi. Bahkan, rumah tak lagi menjadi tujuanku untuk pulang.
Kini aku menyadari bahwa semua sudah berganti dan yang bisa kulakukan hanyalah menghadapi. Semua yang telah lewat tak mungkin bisa kembali. Apa yang kupikir lenyap, nyatanya tertutup emosi. Butuh waktu untuk belajar mencintai lagi. Dengan penuh keyakinan diri aku melakukannya.
Menerima. Cinta sesederhana itu saja.
Yang satu ini menceritakan tentang keluarga yang udah bercerai dan salah satunya menikah lagi dengan orang lain. Well, aku suka banget sama ide kedua penulis ini, mereka masing-masing ambil satu karakter di mana plot dan settingnya sama. Acak-acakan ya kata-katanya? Jadi misal suatu cerita ada A dan B, Nah, cerita pertama ngambil pov A dan cerita kedua ngambil pov B. Sama kayak yang lain, novel ini pesannya juga menyentuh.

7. Good Fight by Christian Simamora
Dia tak benar-benar mencintaimu, kau dan aku sama-sama tahu itu.
Dibawakannya kau bunga, tetapi bukan kesukaanmu. Digenggamnya jemarimu, tetapi tidak cukup mesra. Dia mencium bibir indahmu, lalu cepat-cepat menyudahinya.
Puaskah kau dengan cinta seperti itu?
Sampai kapan kau terus duduk di situ, menunggu dia berbalik menginginimu?
Berhentilah mengabaikanku.
Tak bisakah kau memberiku kesempatan juga? Lirik aku sebentar saja. Dengarkan aku sebentar saja. Biar aku buat kau percaya, hanya aku yang bisa membuatmu bahagia.
Hanya aku—bukan dia.
Ini emang bukan novel Bang Chris terbaru, tapi menurutku inilah yang menarik, tentang bagaimana rasanya menjadi orang ketiga dalam suatu hubungan *bukan berati aku pernah ya*. Orang ketiga yang biasanya dijudge gak bener, tapi ini lho yang sebenernya dirasain mereka, you have to read this, guys!

8. Studying Abroad by Windy Ariestanti & Maurin Andri
Studying Abroad adalah panduan tepat buat kamu yang pengen ngelanjutin sekolah ke luar negeri. Buku ini disusun berdasarkan pengalaman para mahasiswa yang pernah mengecap pendidikan di berbagai benua Asia, Amerika, dan eropa.
Studying Abroad nggak sekadar panduan supaya sukses belajar di luar negeri, buku ini juga ngingetin kamu supaya bersenang-senang selama di sana.
hehehe, bagi orang yang bercita-cita kuliah di luar negeri, boleh deh lirik buku ini dulu soalnya banyak banget yang dibahas di sini, kayak sumber beasiswa, mengajukan visa, living cost/tuition secara general, pengalaman beberapa mahasiswa yang kuliah di luar negeri, tips menghadapi culture shock, dan cara ngedapetin part time job. Berguna banget, walau kayaknya harus ada beberapa yang direvisi soalnya biaya kan berubah, hehe.

9. Sempurna by Nonier
Aku tak akan membiarkan diriku jatuh cinta pada seseorang yang tak bisa kumiliki....
Kau adalah musuh bagi hatiku. Yang membuat aku waspada dan aku buru-buru membentengi diri agar tak terpikat pada pesonamu. Tapi, kau terus memaksa masuk. Seperti kuda Troya, kau sukses menyelusup ke ruang hatiku. Aku memang bertekad menjauhimu, tetapi jantungku ternyata tak cukup kuat untuk membendung setiap debaran yang tercipta karena dirimu.
Aku tahu akan menyesali semuanya, tetapi tak ada yang bisa kulakukan.... Aku telanjur menerjunkan diri ke dalam api cintamu. Terbakar bersama cinta yang kelak juga akan membumihanguskan kebahagiaanku. Aku nekat, mengambil risiko terluka lagi... dan kali ini karenamu.
Bagus, konfliknya menarik dan mengalir, juga kocak! kadang dibuat nangis terus diajak ketawa terus senyum-senyum. ahhh, seru pokoknya. Endingnya juga bikin geregetan dan aku sukaaaa.

10. Paris by Prisca Primasari
Pembaca tersayang,
Dari Paris, sepotong kisah cinta bergulir, merupakan racikan istimewa dari tangan terampil Prisca Primasari yang sudah dikenal reputasinya dengan karya-karya sebelumnya Éclair, Beautiful Mistake, dan Kastil Es dan Air Mancur yang Berdansa.
Ini tentang sebuah pertemuan takdir Aline dan seorang laki-laki bernama Sena. Terlepas dari hal-hal menarik yang dia temukan di diri orang itu, Sena menyimpan misteri, seperti mengapa Aline diajaknya bertemu di Bastille yang jelas-jelas adalah bekas penjara, pukul 12 malam pula? Dan mengapa pula laki-laki itu sangat hobi mendatangi tempat-tempat seperti pemakaman Père Lachaise yang konon berhantu? 
Setiap tempat punya cerita.
Dan inilah sepotong kisah cinta yang kami kirimkan dari Paris dengan prangko yang berbau harum.
Enjoy the journey,
EDITOR
Kali ini, kita jalan-jalan ke Paris, dan bukannya ke tempat yang romantis, di sini kita malah diajakin ke tempat-tempat serem, macam kuburan! tapi tetep menarik, dengan misteri si cowok yang penuh rahasia dan cara menguaknya yang keren. Juga vinyetnya yang bagus!

11. Infinitely Yours by Orizuka
Orang bilang, pertemuan pertama selalu kebetulan. Tapi, bagaimana caramu menjelaskan pertemuan-pertemuan kita selanjutnya? Apakah Tuhan campur tangan di dalamnya?
Kita bukanlah dua garis yang tak sengaja bertabrakan. Sekeras apa pun usaha kita berdua, saling menjauhkan diri—dan menjauhkan hati—pada akhirnya akan bertemu kembali.
Kau tak percaya takdir, aku pun tidak. Karenanya, hanya ada satu cara untuk membuktikannya....
Kau, aku, dan perjalanan ini.
yeheheh, ketauan deh kayaknya aku penggemar Orizuka, tapi beneran deh, buat yang butuh hiburan aku nyaranin buat baca buku ini! Soalnya buku ini asli kocak-cak-cak banget, dan romantis-tis-tis tapi juga bikin nagis-is-is, hehehe.

Yap, itulah sebelas buku Gagasmedia yang berkesan buat aku. Dan, yaampun! kayaknya aku belum ngucapin selamat deh ke Gagas ._. Oke, buat Gagasmedia, selamat ulang tahun yang ke sebelas ya,! *tiup terompet* terus mengbuahkan novel-novel lain, mengangkat penulis lokal yang berpotensi dan sukses terus <:o)

4 comments:

  1. salaaaam kenaal...waah, kalau liat dari sinopsisnya, buku-buku di atas keren-keren yaah...TFS et cheers..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal jugaaa,
      Iya, emang keren, yok baca :)

      Delete
  2. Sudah baca semuanya kecuali nomor 8 dan 9. Paling favorit: I FOR YOU. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh ada kak Alvi! hehehe.
      wow, keren, tinggal dua yg belom, ayo lengkapin lagi :D

      Delete

pembaca yang keren adalah pembaca yang meninggalkan jejak :D
tapi tolong, jangan komen iklan atau promosi ya!