Tuesday 22 July 2014

Mau Kuliah itu Perjuangan Banget

Perjuangan setelah lulus SMA itu lebih berat, tesnya lebih banyak, deg-deg-annya lebih heboh, luka-lukanya lebih parah, pertumpahan darahnya semakin menggila, jatuh bangunnya semakin merajalela._. Oke, itu lebay, maaf.
          What you give is what you get. –Tiana (Princess and the Frog)
 Well, ini kisahku, tepatnya diaryku deh, soalnya aku tulis ini emang pas tanggal segitu.

20 Mei 2014 - Kelulusan SMA
Saat itu aku gak terlalu tegang ngedenger pengumuman kelulusan. Karena aku yakin pasti dilulusin lah ._. tapi yang bikin penasaran adalah...nem ane berapa yak? dan jengjengjeng, nem aku lumayan, tapi sayang, nilai paling kecil malah biologi. ini gimana? katanya mau jadi dokter hewan? (Yap, saat itu aku masih ngebet jadi dokter hewan)

24 Mei 2014 - Simulasi SBMPTN
Tepatnya di Gor Arena C-Tra, Bandung. Sehari sebelumnya aku ngerjain sbmptn tahun berapa gitu lupa, dan untungnya, lumayan, ada beberapa soal yang kemaren aku pelajari muncul. Tapi, hey, itu soal susah banget, apalagi math-nya, terus fisikanya. Duh! -_- Tapi syukur, itu skor gak terlalu malu-maluin *sudahkah saya memberitahu Anda kalau saya tidak bimbel alias belajar sendiri di rumah? hehe. 

27 Mei 2014 - Pengumuman SNMPTN
Bangun pagi, langsung ngecek web, tapi katanya pengumuman jam 12 siang. Okelah, aku tunggu. Dan tiba-tiba temen ngabarin setengah jam sebelum pengumuman, katanya pengumuman udah bisa diliat tapi di mirrornya, snmptn.its.ac.id  , bukan di snmptn.ac.id . Dan apa yang aku lihat? 
Gak percaya, aku nunggu setengah jam lagi supaya liat di website yang bener-bener resminya. Dan apa yang aku dapet? Itu tanda merah jelas gede keliatan! Aku gak buta warna! Itu beneran merah? Bukan hijau? Astaga! Langsung aja aku lempar itu BB, iya aku liatnya di ponsel. Gak percaya juga, aku refresh, terus terusan sampe akhirnya sadar itu kenyataan. JLEB!!! Bahkan pihak SNMPTN gak bilang "Maaf", dia langsung bilang "tidak lulus"
Hal yang paling aku sesali adalah, aku kepedean bakal diterima. Kenapa percaya diri? Soalnya waktu itu, salah satu bimbel menawarkan jasa untuk mencoba memprediksi SNMPTN, dan di sana tertulis kalau aku keterima di fakultas kedokteran hewan baik di IPB atau di UGM. Jadi pas tahu aku gagal, aku kecewa banget. Bukan sama bimbel itu aja, tapi aku lebih kecewa sama aku sendiri. Aku terlalu sombong untuk nggak belajar lagi setelah UN karena aku yakin masuk jalur undangan dan gak akan ikut tes tulis. huaaaa, dari situ aku ekstra super duper nyesel, kenapa aku dengan begitu bego melewatkan lebih dari dua minggu untuk bermalas-malasan? 

28 Mei 2014 - Mulai Belajar
Aku mulai belajar, dari pagi sampe malem. Sayangnya itu nggak bikin aku langsung pinter, masih ada materi yang sering lupa, dan woaaaaaaa aku gila, itu soal macam apa? Aku ngerjain SBMPTN tahun-tahun lalu dan semua soal berasa mengerikan. Aku gak ngerti, itu soal macam apa? Gimana ini? Aku pengen bisa ngerjain banyaaakk!!

29 Mei 2014 - Daftar SBMPTN
Silakan kalo kalian bilang aku terlalu nekat, tapi aku beneran mau nyoba ITB. Kampus idamanku waktu SMP. lho, emang SMA nggak? SMA, kampus impianku ganti jadi UGM, hahaha. Sayang, gak diizinin mama. Pupus sudah harapanku menjadi salah satu mahasiswi di kampus keren itu, huwaaa :(
Back to story, aku nekat pilih ITB, terus jurusan apa? FTSL. Jurusan yang baru kepikiran dua hari sebelum daftar. Kenapa? Aku dipaksa menjelajahi semua jurusan. Aku nyari Teknik Geologi, karena baik di ITB atau UNPAD, anak geologi asyik-asyik, tapi pas baca pengalaman-pengalaman mereka, duh, kayaknya nggak gue banget. Terus aku coba Oceanografi, cukup oke, tapi masih kurang klop kalau milih Ocean di Bandung yang jelas-jelas cukup jauh dari yang namanya laut. Dan, akhirnya pilihanku jatuh ke teknik lingkungan ITB. Aku cinta lingkungan, kalian bisa tahu seberapa keselnya aku sama kampanye caleg kemaren di postingan: Kampanye Pemilu Bikin Mata sama Lingkungan Rusak. Pilihan kedua aku jatuh ke kelautan IPB, dan terakhir kedokteran hewan. Minatku jadi dokter surut, dan aku itu kemasuk bunuh diri juga soalnya, kalau diliat dari passing grade, dokter hewan lebih tinggi dibanding kelautan. Tapi gapapa, itu sesuai minatku kok. Tanpa paksaan. Semoga aku keterima di yang terbaik yaaa, aamiin!

30 Mei 2014 - Bikin KTP
nah loh? kok ada ktp-ktp segala? Jadi, aku mau daftar STAN. Semoga aku keterima aamiin! Tapi salah satu syaratnya harus punya identitas berfoto, boleh KTP, passport, Ijazah, SKCK dan apa gitu aku lupa, karena yang lain belom punya. Akhirnya aku bikin KTP dengan anggapan semoga bapak yang di sana rela mempercepat menyelesaikan KTPku sebelum tanggal 8 Juni. aamiin.

31 Mei 2014 - Pawidya
Congratulation, aku resmi lulus SMA. bye-bye putih abu-abu. Jujur, aku sedih, aku gak menimba banyak pengalaman di sana. Kegiatanku di sekolah biasa-biasa aja. Flat, datar, satu warna. Tapi, aku juga seneng bisa nemuin orang-orang yang menyenangkan dan klop sama aku. i'll never forget u guys!

1 Juni 2014 - TO UNPAD
try out lagi, sekarang di UNPAD Jatinangor, kebayang gila jauhnyeeeeee, Cimahi-Sumedang bro! Dari jam enam pagi aku berangkat, sampai jam tujuh karena hari minggu, mungkin orang-orang masih pada tidur, hehe. Dan, aku kebagian di gedung fapet, wew, keinget temenku yang udah keterima jalur undangan di fakultas ini. Dan ngomong-ngomong, soalnya, TKPA masih gak masalah, tapi pas ketemu TKD, OMG helloowww, itu soal macam apa? gak ngerti sama sekali. Dari sekian banyak soal, ngerjain setengahnya aja kagak! Gosh! Gimana ntar SBMPTN asli kalo to aja begini? Waktu mepet pulaa, kyaaa pengen nangis jadinya.
Senengnya di sana aku dikasih wejangan, keren banget deh acaranya. Aku kasih poin-poinnya aja ya? Ini dia:
  1. Tahu diri. Kita harus tahu kemampuan kita, jangan terlalu tinggi mimpi kalo tau kemampuan kamu gak sampai, jadi setinggi yang kamu bisa raih aja.
  2. Waktu ngerjain ujian nanti, jangan panik. karena Panic ruins everything.
  3. Kalau kata Bill Gates, kamu lahir miskin itu bukan salah kamu, tapi kalau kami mati miskin, itu baru salah kamu. Jadi, kita harus total usaha.
  4. Kita itu ibarat kanvas, kalau kamu ngelukis dengan baik, orang-orang pasti ngehargai itu, tapi kalau kamu ngelukis asal-asalan, yaa orang-orang juga gak akan suka, malah pengen buang tuh lukisan. So, kerjain yang bener, jangan asal-asalan ntar ujiannya!
  5. Ini optional, kata salah satu pembicara di sana, dia ngasih tahu kita supaya ngerjain semua soal SBMPTN, karena hoki-hokian, kali aja ada yang bener. Tapi dia ngasih contoh kalo kita yakin dapet 60%, lah guaaaa? bisa minus tuh ntar skor, gua gak yakin bakal ngikutin wejangan yang ini, wkwk -_-

4 Juni 2014 - Nyari PTS
Well, aku sempet sebel berat sama kakak sulungku, maksa banget, aku disuruh nyari PTS. Tapi, PTSnya harus yang masih buka dibulan September karena sambil nunggu hasil STAN. dannn tetooottt, mana ada? Bukannya September udah mulai kuliah ya? Pas nyari-nyari-nyari. Aku nemuin UNISBA, tapi itupun gelombang tiga. Itu pun daftar ulangnya yang tanggal 5 September, barengan sama pengumuman STAN. Yagapapalah, tinggal nentuin jurusan dan pilihanku jatuh ke psikologi. Bisa masuk gak yaaa? aaahh, semoga aku keterimanya di ITB, atau STAN, atau IPB aja. Supaya gak tes-tes mulu. Aku capek, apalagi harus adu ngomong sama kakak. hhh

17 Juni 2014 - It's Show Time, SBMPTN
Aku kebagian tes di SMK Bina Warga Bandung, daerah buahbatu yang tempatnya jauhhh dari rumah, alhasil aku nyubuh dari rumah. Dan waktu tes: Yaa Allah, itu soal lumayan lah ya susahnya. Aku cuma bisa ngisi 27 dari 60 soal TKD Saintek, dan itupun ada beberapa yang ragu. Terus TKPA-nya cuma 65 dari 90 soal. Pulang ke rumah dibawa muter-muter sama tukang angkot yang nyebelin banget ngembalian uangnya gak kira-kira. Tapi begitu pulang, berita buruk menimpa. Temen aku ngasih tau link tempat kunci jawaban SBMPTN dan karena penasaran, aku klik, aku buka, aku koreksi, aku hitung dan jengjengjeng! nyesek, kecil banget, 30 aja gak nyampe, cuma 29,1 . Yaa Allah, berkatilah hamba agar ada keajaiban kalo PG aku yang asli bukan itu, tapi lebih gede dan nanti keterima di yang terbaik. aamiin.

18 Juni - Verifikasi berkas STAN
Aku pergi ke Balai Diktat Keuangan jam satu siang dan dapet nomor antre 393 dan saat itu baru sampai urutan 190. Berarti 200 orang lagi. sejam nunggu....masih semangat, dua jam nunggu.....mulai lesu, dua setengah jam nunggu.....ok, mari kita pulang. wkwkw, beneran aku pulang dulu ke rumah abang yang kebetulan cuma lima belas menitan jaraknya. sejam di sana langsung balik ke balai dan tiba-tiba "371 sampai 400". Woaahh, pas! dan masuklah saya, pertama, verifikasi berkas, ngebenerin kesalahan yang di berkas, terus dikasih BPU atau Bukti Peserta Ujian. kedua, nempelin foto ke BPU, tanda tangan, dan cap jempol. ketiga, aku ke penyelia, ngantri dan itu nyebelin banget, penyelia aku agak lama gitu meriksa orang-orang, mana pas bagian aku, si penyelia bolak balik liat foto-aku-foto-aku-foto, yaa Allah, cuma beda kacamata aja kayaknya susah ya ngenalin mukaku? atau cantikan yang asli jadi kurang percaya? hahaha. keempat, ke bagian arsip, buat motong-motong BPU, dua buat mereka, dan satu untuk aku ujian nanti. Terakhir, mari pulang, adzan maghrib sudah berkumandang. heheheh.

28 Juni - A Day Before Test
yaampun, kok perut berasa melilit gini yaaaa, kok rasanya tes STAN lebih menakutkan dibanding SBMPTN ya? Aduuuhhh

29 Juni - Test STAN
God, kenapa soalnya lebih susah dari yang diperkirakan? Tapi lumayan lah kekerjain lebih dari syarat dan semoga bener. Semoga TBI-nya juga banyak yang bener. Yaa walaupun pas tes agak panic attack gitu tiap denger si pengawas bilang 'waktu tinggal sekian menit lagi'. Euh! nyebelin, bikin kaget, mending liat jam sendiri aja deh, cuma sayang, jamnya musti disimpen di tas. Tapi Phew! akhirnya selesai sudah penderitaan saya, tinggal nunggu hasil, semoga lolos, keterima, jadi calon mahasiswi. aamiin!!!!!

12 Juli - Pengumuman STAN
entah kenapa, pengumumannya di majuin, sebenernya kemarin juga udah bisa diliat, cuma yaa kuota modemku habis *plak* jadinya hari ini, dan TADA! Gak ada nama aku di sana. Sedih, kecewa, nyesek. Tapi yaudalah, emang bukan rezekinya kali ya. Diantara 5000 peserta di Cimahi, yang keterima cuma 309. Temen-temenku ada yang keterima, ada juga yang nggak. Emm, sebenernya pas tau aku gak lolos STAN, aku pasrah gitu tapi aku juga kelimpungan gimana cara ngasih tau ke ortu dan kakakku? Mereka tuh kayaknya berharap banget, bahkan aku ditawarin Samsung Galaxy S5 kalo lolos! jadi yaahh selamat tinggal hp baru :( wkwk. Ngasih tau orang lain kalo kita gagal itu susah, sedih duluan, takut ngeliat mereka kecewa, rasanya gak mau bagi-bagi kesedihan, tapi mau gimana lagi? Setelah ngasih tau, aku jadi nangis, ngeliat mereka kecewa untuk kedua kalinya. Iya, yang pertama yang SNMPTN Undangan itu lho.

13 Juli - Kembali Sibuk
Begitu tau aku gak lolos, abang nyuruh aku daftar POLBAN, aku sih hayu aja, dan nyesel juga kenapa waktu itu gak nyoba try out POLBAN kemarin. Aku ambil D4 Teknik telekomunikasi sama D4 Teknik Kimia Produksi Bersih. Sengaja nyari yang D4 karena itu kan setara S1, yaa tepatnya S.ST . Kakakku juga nyuruh supaya jangan ambil D3, karena cape dua kali ntar katanya, dan ntar pas lulus kuliah malah stuck di situ kayak dia *yaa harusnya jangan banding2in dia sama aku dong ya* jadi kayaknya aku gak daftar D3 UNPAD, bye UNPAD :(

15 Juli - Daftar POLBAN
Duh, ribet banget. Bangun pagi, masih ngantuk, tapi mama nyuruh aku siap-siap keperluan buat daftar POLBAN. Dianter ayah, aku pergi ke RT, RW, dan kelurahan minta surat keterangan penghasilan, terus ke puskesmas cek buta warna, terus nyari tempat scan, terus ngantri di bank BRI selama dua setengah jam! Ugh, memang perjuangan. Malah, pas daftar, nama aku gak cukup. Iya nama aku YUSTIE AMANDA FRASTITIKA MIHARJA, panjang kan? kurang dua huruf lagi. Begitu email POLBAN minta solusi, malah dapet jawaban kalo pertanyaan hanya akan dijawab di jam kerja dan itu telat setengah jam. Alhasil aku pasra nunggu besok aja, tapi begitu aku iseng email lagi, akhirnya dibalas dan katanya disingkat aja. Yasudah, mission complete. Tapi gak tau nih, feeling kok ini berasa diribetin gini ya? Apa mungkin ini tanda-tanda.....euh, you know lah. Tapi, kalo ngikutin sifat optimisku, mungkin ini pertanda kalo aku bakal lolos.  Okay, tinggal belajar, bismillah.

16 Juli - Pengumuman SBMPTN
Pengumumannya itu jam lima sore. Hati udah ketar-ketir nunggu hasil. Udah berdoa: semoga dikasih yang terbaik; kalo bisa sih masuk ITB; dikasih kelapangan kalo misal gak lolos, tapi semoga lolos; gak apa-apa deh hilang 150ribu (yang kemarin daftar polban) ikhlas. Dan jam setengah lima, mama nelefon nanyain hasil, aku bilang aja belom ada, kan jam lima. Tapi, karena iseng, begitu buka, ternyata pengumuman hasil SBMPTN udah bisa diakses. Yang tadinya gak sabar pengen tahu hasilnya, sekarang malah dinanti-nanti aja bukanya. Ke toilet dulu lah, sibuk nyari kartu peserta yang entah di mana dulu lah, ngesearch twitter tentang sbm lah, pokoknya menghindar dulu, intinya sih nyiapin hati, mental , dan pikiran.
Dan begitu kakakku ngajakin buka, Ugh! Mau nggak mau aku harus siap. Aku ketik nomor peserta, ketik tanggal lahir, dan klik hasil. Begitu kebuka:
he-he-he, kebiasaan kalo lagi seneng, aku memekik sambil tepuk tangan sendiri. Yang pertama aku liat itu kata "Selamat", dan setelah diliat lagi IPB - Kelautan. Alhamdulillah! bersyukur banget, padahal udah rada pesimis juga gara-gara kemarin ngecek passgrade sendiri dan hasilnya yaaa kecil. Tapi keterima! Yaa Allah, makasih! Ternyata, walau gak keterima STAN (iya, aku masih kecewa), gak keterima ITB (yaah, padahal udah punya kecengan di sana, kecewa, aku gak lolos di kampus keren itu), aku keterima di IPB.

Kakak langsung nelefon mama, abang langsung nelefon aku, dan kakak-kakakku dengan bangganya ngeganti profile picture BB-nya dengan foto di atas. Aku sendiri nggak karena bb aku off. Keluarga yang lain juga ngucapin selamat. Seneng banget.
Karena ingin lebih diyakinin, aku buka mirrornya yang ITB, dan hasilnya, alhamdulillah, ini gak bohongan, ini seriusan. Makasih yaa Allah. Tapi aku sendiri, agak gak enak sama mama. IPB. Bogor. I have to separate with mom, could I? Harus belajar masak nih sama mama, harus belajar nyuci juga, harus mandiri pokoknya.

Terus gimana nasib POLBAN? Aku bakal tetep nyoba, sekalian latihan dan ngeburu soalnya juga. Terus kalo keterima? Euh, bingung, paling ntar minta petunjuk sama Allah :) Tapi nggak tau kenapa, perasaan mau ke POLBAN jadi surut, malah sampai sekarang aku belom belajar ._.

19 Juli - Tes POLBAN
Sistem Kebut Semalam, haha. Iya, itu pun cuma liat-liat rumus doang, nyantai banget pokoknya. Besoknya pas tes juga ngisi lebih tenang dibandingkan tes SBMPTN atau STAN. Nyantai, udah keterima IPB ini :D Isi semua yang ragu, yang gak diisi paling 18 soal dari seluruh 80 soal itu. Oya, walau 80 soal tapi dikasih waktunya lamaaa banget, dari jam 08.00 lebih sampe 11.30, aneh ._.

22 Juli - Pengumuman POLBAN
Alhamdulillah, astagfirullah.
Aaaa, gak nyangka aku bakal keterima di POLBAN, pilihan pertama pula, D4 Telekomunikasi pula, yang pass gradenya tinggi. Aku kira aku bakal dapet yang pilihan kedua jadi aku bakal tetep pilih IPB. Nah, ini? Telekomunikasi! Langsung kebayang kerja di Telkom u,u Aaaa Alhamdulillah! Tapi-tapi-tapi, astagfirulloh, aku harus gimana ini? Aaa galau, pilih mana? Bahkan perut pun ikut pusing, berasa ditarik ususnya-_- Aaaa, Yaa Allah, bimbing aku, beri aku petunjuk harus milih yang mana, pilihkan aku yang terbaik. Aamiin.

**cerita bakal berlanjut di kemudian hari, kalau aku udah resmi jadi mahasiswa. Di mana? Iya, nanti, tunggu aja. Aku mau semedi dulu ._.

No comments:

Post a Comment

pembaca yang keren adalah pembaca yang meninggalkan jejak :D
tapi tolong, jangan komen iklan atau promosi ya!