Tuesday 2 April 2013

The Casual Vacancy

Judul: The Casual Vacancy
Penullis: J.K.Rowling
Penerbit: Qanita
Terbit: November 2012
Tebal: 513 halaman
No.ISBN: 9786029225686
Sinopsis:

Ketika Barry Fairbrother meninggal mendadak di usia awal empat puluhan, penduduk kota Pagford syok.
Pagford, kota kecil yang menggambarkan suasana kota ideal di Inggris, damai, tenteram dan teduh ternyata tak seperti yang dibayangkan. Di balik penampilan alun-alun tua yang klasik dan gereja yang indah, kota ini adalah kota yang bergejolak. Kota yang dilanda perang.

Si kaya berperang dengan si miskin, remaja berperang dengan orangtua, istri berperang dengan suami, dan guru berperang dengan murid. Penampilan damai Pagford benar-benar menipu.

Kursi kosong di dewan kota akibat meninggalnya Barry menjadi pemicu perang terbesar yang akan terjadi di kota itu. Siapakah yang akan memenangkan jabatan idaman  melalui pemilu yang penuh tipuan, duplikasi dan penguakan rahasia-rahasia tak terduga itu?

Dalam karya pertamanya untuk pembaca dewasa ini, sekali lagi Rowling mengejutkan kita dengan keluasan cakupan imajinasinya. Dia berhasil meninggalkan citra Harry Potter untuk memunculkan citra baru bernuansa Dickens yang akan membuai pembaca.

Pujian untuk The Casual Vacancy:

"Melalui The Casual Vacancy, Rowling mampu menangkap sisi kemanusiaan pada setiap orang, bahkan saat sisi kemanusiaan itu terasa menyedihkan." (People Magazine)

"The Casual Vacancy adalah komedi, namun dari jenis yang paling hitam.... Rowling membuktikan kepiawaiannya, bahwa dia tidak menjadi penulis bestseller secara kebetulan. Dia tahu benar bagaimana membuat Anda terus membaca hingga halaman terakhir."  (The Daily Beast )

"The Casual Vacancy menyeret pembacanya ke dalam dunia yang dengan begitu kaya diciptakan dalam imajinasi Rowling.... Cerdas dan, ada kalanya lucu." (The Guardian (UK) )

"Rowling tahu bagaimana menulis dengan plot yang tak biasa namun tetap menghanyutkan.... benar-benar penulis yang piawai." (The Huffington Post )
****
udah pada tahu dong sebelumnya J.K.Rowling itu siapa? iya, penciptanya Harry Potter. Nah, sekarang dia keluar dari zona penyihirnya untuk membuat sebuah kasus yang keren, The Casual Vancansy. ini novel nyeritain kehidupan di kota kecil yang sebenernya di kehidupan di dalemnya itu rumiiitt banget. tapi penggabungan dari kesemuanya sangat bagus dan rapih.

di awal bab, kita udah disuguhin banyak tokoh yang memang kesemuanya berperan penting, penting semua, malah aku sampe bingung waktu baca namanya "bentar, ini tadi udah disebutin, siapa ya?" inget-inget dulu dan "oh iya, si ini" . yah emang gitu kejadiannya-_-

terus bab 2 dan 3 gak terlalu seru tapi masih cukup bagus.
daaaann bab 4, 5, 6 keren, konfliknya dapet banget, keruwetannya makin-makin dan makin pengen cepetan nyelesein itu cerita, dan ternyata diakhiri dengan cerita yang tragis. bisa dibilang cerita tamat/selesai, cuma aku ngerasa masih ada beberapa yang digantungin, tapi sebenernya cerita ke depannya udah jelas mau kayak gimana, tapi mungkin emang akunya yang masih pengen baca, jadinya berasa kurang, tapi serius keren. kenapa banyak kata tapi di paragraf ini-_-

Dewasa! novel ini dewasa. walau gak nyeritain detail (ngomong-ngomong aku baca yang versi indonesia) tapi tetep aja kita tahu itu mengarah kemana.
semua perseteruan dimulai dari meninggalnya Barry dan diakhiri dengan kematiannya **sensor**
Si kaya berperang dengan si miskin, remaja berperang dengan orangtua, istri berperang dengan suami, dan guru berperang dengan murid. itu bener diceritain, dan itu gak cuma disatu keluarga, tapi di beberapa keluarga lain juga gitu. keren deh, pencampurannya nyaman.

karakter tokohnya juga kuat, mencerminkan banget dia itu seorang  tokoh yang tinggal di tempat kecil dan kayak gimana sifat dia sebenernya, bagus pokoknya.

3 comments:

  1. Wah akhirnya di posting juga resensi The Casual Vacancy. waktu ke Gramedia kemarin sebenernya sempet mau beli karna liat ternyata pengarangnya itu J.K. Rowling tapi ga jadi karena liat harganya yaaa.. :p
    dan sekarang mauuu banget bisa punya nih novel. Terima Kasih untuk resensinya :)

    ReplyDelete
  2. wah, boleh juga nih. waktu kecil aku fansnya harry potter, nah kayanya novel ini cocok sama usia aku yg sekarang. senang deh jk rowling terus berkembang :)

    ReplyDelete
  3. @UlfakunDL :iya harganya emang mmmahal-_- tapi gak kecewa kok:) kembali kasih ;)
    @dunia kecil indi : aku udah segede ini juga tetep suka sama harry potter lho, malah kalo misalkan ada yg ke 8 au pengen banget._. gak waktu kecil aja, hehe.

    ReplyDelete

pembaca yang keren adalah pembaca yang meninggalkan jejak :D
tapi tolong, jangan komen iklan atau promosi ya!