Thursday, 3 July 2014

A World Without Hero (Beyonders #1)

Judul: Dunia Tanpa Pahlawan (Beyonders #1)
Penulis: Brandon Mull
Penerbit: Nourabooks
Terbit: November 2013
Tebal: 590 hlm.
Genre: Fantasi, Magic
ISBN: 978-979-433-719-6

Sinopsis dari Goodreads:

Denting musik muncul dari air … dari arah kuda nil yang terbenam. Melodinya asing, dengan berbagai harmoni dan melodi tandingan yang saling menjalin …. Tiba-tiba makhluk pemalas itu menyerbu dengan mulut menganga, dan denting musik terdengar lebih keras daripada sebelumnya.

Sebelum Jason sempat bereaksi, tangannya sudah mencengkeram lidah yang lengket itu dan wajahnya meluncur di permukaan yang berminyak … melaju di sepanjang terowongan yang gelap dan licin.

Dalam penderitaannya, musik itu terdengar keras sementara Jason meluncur di sepanjang koridor yang lembap. Dia berusaha berpegangan pada kedua sisi terowongan untuk memperlambat lajunya, tetapi gagal, hingga sekonyong-konyong lengan dan kepalanya muncul dari celah sebatang pohon sekarat, dekat sebuah sungai yang diapit tumbuhan pakis.

Dan dia pun tiba di sebuah negeri tanpa pahlawan. Negeri yang telah ditutupi kegelapan seorang penyihir jahat yang menghantui seluruh kota. Sebuah negeri bernama Lyrian yang akan membawanya dalam petualangan epik penuh tantangan.

****

Pertama liat novel ini langsung mupeng gara-gara: (1) Brandon Mull cuy! Masih inget seri fablehaven? yap, aku suka banget seri itu makanya aku gak ragu minta ini novel ke kakak aku, hehehe. (2) Dapet rekomendasi dari temen-temen PNFI dan di goodreads juga seru pada mau baca ini. (3) Bahkan Rick Riordan, penulis Percy Jackson seri itu juga bilang ini bagus.

Dan, akhirnya, sampailah kakak aku ngasih ini buku. Gak sabar, aku langsung baca dan *maafkan kebiasaanku* aku tiba-tiba keinget Narnia, soalnya sama-sama masuk ke dunia-bukan-bumi. Tapi cara masuk si Jason ini unik banget, masuk ke mulut kudanil! Astagah, kebayang lengketnya, hehehe. Makin buka halamannya, makin aku tenggelam aku sama tulisannya.
Jason ini orang bumi biasa, yang semua keluarganya dokter gigi, makanya dia juga terpaksa harus jadi dokter gigi, tapi sebenernya dia suka dunia hewan, makanya dia magang di kebun binatang, dan saat tak terduga itu pun datang. Dia jatuh dan ditelan kudanil, kemudian muncul di dunia Lyrian.

Ternyata, Jason ini emang dipanggil karena masyarakat sana bahkan sudah merelakan banyak jiwa untuk mendatangkan pahlawan. Tapi Jason bukan pahlawan, dia cuma pribumi yang ingin balik ke bumi, dan satu-satunya cara itu dia harus ketemu Maldor, satu-satunya penyihir yang masih hidup dan terkenal sangat kejam, dan kali aja dia tahu portal kembali ke bumi. Dan untuk berhadapan dengan Maldor, Jason harus jadi musuhnya, dan dia juga berkewajiban mengumpulkan kata yang diyakini bisa menghancurkan Maldor. Cerita lengkapnya, baca sendiri! Ohya, Jason punya pasangan pahlawan, namanya Rachel.

Alurnya rapi, Jason dari satu tempat ngambil satu suku kata, itu juga gak sembarang ambil, selalu ada tantangannya, dan setiap tempat itu unik dan menarik makanya aku gak bosen bacanya, dua hari cukup. 

Humornya asyik, karakternya seru, makhluk-makhluk ciptaannya keren! kayak Amar Kabal dan Pemindah, you have to read it, if you wanna know what are they ._. Yang pasti, mereka menarik! Apalagi Ferrin, dia lovable banget, sayang dia teguh sama pihaknya-_-

Pas Bab 'Pythoness', aku udah dibuat penasaran sama peramal satu ini, sayang, yang ada cuma anaknya, Corinne, tapi kenapa subbabnya masih nama peramal itu, bukan anaknya ya? ._.
Oh, aku juga baru tahu ternyata orang Lyrian bilang bumi itu Beyond, jadi bisa disimpulkan bahwa Beyonders adalah orang bumi.

Menjelang akhir tegangnya beneran dapet. Apalagi akhirnya yang uh-oh kok bisa gitu sihhh? Jadi pengorbanan jason itu cuma.........aahhh, mana buku dua, MANA? mana uang, MANA? OH! ternyata itu yang bikin Galloran begitu, pantes aja sih dia tetep gak tahu, orang dia buta. Bahh.

Bagian favoritku: waktu Jason linglung di negeri terbenam, terus ketegasan Jason di Harthentam, dan waktu Jason, dalam pengaruh bisa ular, bilang apa saja ketakutannya, ngakak berat aku di sana, wkwkwkkw.

Ini ada video yang cukup menggambarkan gimana ceritanya Beyonders, keren, minus orangnya ya, aku kurang impressed, hehe ._.
Ohya, di pertengahan aku sempet nanya, Brandon Mull bikin side story buat Galloran gak ya? aku penasaran soalnya sama dia._.

ehm, aku suka cover Mizan dibanding yang asli ._. Dan terakhir, kok sinopsis di belakang bukuku beda dari yang di goodreads ya? Soalnya yang aku ini:

Sang Pangeran bergayut dalam kegelapan ... belelenggu kuno pada rantainya menggigit pergelangan tangannya ... Di kejauhan dia mendengar suara jeritan teredam yang bergaung menggelisahkan. 
Selama ditawan, dia disiksa habis-habisan. Namun, apa pun siksaan yang dideritanya, apa pun pertanyaan yang telah mereka ajukan, dia belum menyampaikan sepatah kata pun. Dan, tak sekali pun dia menjerit kesakitan. Entah racun apa saja yang sudah dijejalkan ke dalam kerongkongannya, tapi segala upaya mereka untuk mengeruhkan benaknya dan memperlemah tekadnya gagal. Sang pangeran hanya fokus pada satu hal: diam. 
Dia hanya akan bicara satu kali, yakni sebuah kata kunci Edomic sejati, mantra mematikan. Dia hanya akan berbicara pada satu orang: sang Kaisar. 

No comments:

Post a Comment

pembaca yang keren adalah pembaca yang meninggalkan jejak :D
tapi tolong, jangan komen iklan atau promosi ya!