Wednesday 18 December 2013

Uglies

Judul: Uglies
Seri: Uglies #1
Penulis: Scott Westerfeld
Alih bahasa: Yunita Chandra
Terbit: 29 April 2010
Pernerbit: Matahati
Tebal: 432 hlm.
ISBN: 602859012-6
Rate by me: 3,5/5

Tally Youngblood akan berusia enam belas tahun, dan dia tak sabar menunggunya. Di dunia Tally, umur enam belas tahun berarti perubahan dari buruk rupa menjadi rupawan. Dengan menjadi rupawan, dia akan memasuki dunia berteknologi tinggi yang menawarkan kehidupan bersenang-senang. Tinggal beberapa minggu lagi, Tally akan memasuki dunia tersebut. 

Tetapi dia berjumpa dengan Shay, sesama buruk rupa, yang tidak yakin mau berubah menjadi rupawan. Saat Shay melarikan diri, Tally mempelajari suatu fakta dari dunia rupawan—yang mengguncangkan dan ternyata tak secantik wujudnya. 

Tally berada dalam situasi terburuk yang tak pernah dibayangkannya: mengkhianati temannya sendiri atau tak akan berubah menjadi rupawan sama sekali. Pilihan Tally akan mengubah dunianya untuk selamanya.
***

Aku gak bakal cerita lagi karena sinopsisnya udah cukup nyeritain, walau gak detail. Aslinya lebih seru. Emang awal baca masih biasa aja, masih tahap mencerna informasi, terus dilanjutin sama aksi Tally si juling dan Shay si ceking yang bengal, mereka berniat melakukan aksi kenakalan sebelum nyampe umur 16 tahun dan dioperasi jadi rupawan. Dan tiba-tiba, seminggu sebelum keduanya ulang tahun, Shay pergi ke Smoke, tempat dimana orang-orang buruk rupa yang tidak ingin berubah menjadi rupawan. Shay mengajak Tally tapi Tally lebih ingin jadi rupawan, berwajah rupawan yang mampu mengalihkan dunia serta Peris, sahabatnya yang dulu menunggunya. Tapi, setelah hari-H, kenapa para dokter tidak juga mengoperasinya? Dan malah membawanya ke tempat rupawan bengis. Special Circumstances.
*

Waktu baca, agak bosen karena gak tahu kenapa kebengalan Tally yang menyusup ke kota rupawan, yang harusnya bikin deg-deg-an malah biasa aja, yaaa mungkin karena tahap pencernaan cerita kali ya. Nyampe rada ke tengah baru keliatan seru! Pas macem-macem konflik datang ke dia. Tentang pengkhianatannya yang takut terbongkar, tentang kecurigaan Croy, ketertarikan David, dan kecemburuan Shay, dan lagi kenyataan yang sebenarnya pada kaum rupawan yang baru saja diketahui Tally. eh, gak ngerti ya? baca aja sendiri makanya huehheeh.

Buku ini udah lamaa banget pengen aku baca, tapi baru sempet sekarang._. Dan setelah baca malah bikin penasaran pengen tahu kisah selanjutnya. Penasaran sama endingnya! bukan ending buku ini tapi ending dari keseluruhan cerita.

Ohya, buku selanjutnya itu kan Pretties, terus Special, lalu Extras (yg belum terbit, entah akan terbit atau tidak karena penerbitnya udah regenerasi). Di buku pertama ini udah menyinggung pretties/rupawan dan Spesial/rupawan bengis tapi kalo extra belum dapet clue apa-apa -_- Dan kayaknya judul buku selanjutnya ngikutin peran utama ya? Di buku pertama waktu dia buruk rupa, kedua pas rupawan? Gitu kali ya? Tapi gak tahu deh, kita baca dulu untuk melihat yang sebenarnya. hohoho.

Ceritanya cukup bagus, ngalir. karakternya juga lumayan, sangat pas dengan ceritanya menurutku, cuma pas kisah cintanya Tally berasa ada yang ngeagenjel soalnya, pertama Tally gak yakin ada yang namanya sosok David, terus pas Shay bilang dia suka David, eh Tally jadi ikut-ikutan suka sama David-_- tapi kesananya bagus kok. Untung Shay berubah jadi..............kan dia tak perlu merasakan..................tapi gak tau juga deh, cerita di buku selanjutnya. Tuh kan aaaaa penasaran! 

No comments:

Post a Comment

pembaca yang keren adalah pembaca yang meninggalkan jejak :D
tapi tolong, jangan komen iklan atau promosi ya!