Saturday 30 November 2013

The Scorch Trials #2

Judul: The Scorch Trials #2 (trilogy Maze Runner)
Penulis: James Dashner
Penerbit: Mizan Fantasi
Tebal: 511 hlm.
Terbit: januari 2012
ISBN13: 9789794336571


Selama ini Thomas keliru. Ada dua Maze. Namun, berkebalikan dengan Maze yang dihuninya, Maze lain didiami oleh sekelompok anak perempuan, yang dikenal sebagai Grup B. Bahkan, Teresa yang disangkanya hilang, ternyata justru bergabung di sana. Kini Grup B menantinya dengan tugas khusus: membunuh Thomas! Namun, bukan kematian yang membuatnya jerih, melainkan pengkhianatan Teresa, gadis yang diam-diam dicintainya.


Sementara itu, jumlah para Glader berangsur berkurang. Keadaan di luar Maze lebih mengerikan dari yang mereka duga. Bola baja yang muncul tiba-tiba dari kegelapan, badai gurun pasir yang merajam habis hingga ke tulang, hingga gerombolan Crank haus darah, semakin menciutkan hati mereka. Namun, mereka terus melangkah maju, demi menemukan jawaban dari misteri selama ini, demi menemukan jalan pulang menuju rumah dan keluarga.



Semua kesulitan dan kengerian di Maze, barulah awal dari serangkaian proses kejam dan mendebarkan. Berlanjut di Scorch, percobaan baru mengadang mereka. Untuk bisa lolos, kali ini mereka tak boleh sekadar bermodal nekat. Diperlukan kecerdikan dan ketajaman insting karena musuh-musuh mereka tersembunyi rapat di balik dinding ilusi.


***

Ini buku kedua yang aku baca bulan september dan baru review sekarang juga-_- maafin! buat yang penasaran sama buku ini, kalian boleh baca review absurdku yang pertama: The Maze Runner #1

Ada dua grup ternyata pemirsa! jadi kalo Glade isinya laki-laki semua, ternyata ada yang isinya cewek semua. tapi yang cewek itu gak keeksplor banyak karena keseluruhan cerita sama kayak di cowok, dan bedanya, grup cewek lebih cepat keluar dibanding anak-anak cowok, Glader. Harrieur, Sonya itu nama penemu juga bukan ya? penemu apa? lain kali aku harus cari satu-satu nama-nama itu-_-

Di sini, ingatan thomas mulai pulih gara-gara dia disengat Griever dan disuntikkin itu lho yang di buku satu, inget? oke lanjut, ingatan Thomas walau agak samar-samar dan belum memberikan penjelasan apa-apa tapi mulai pulih. Dan setelah mereka keluar dari Maze, mereka sampai ke rumah asrama, di jendelanya muncul crank (semacam zombie), dari sana mereka lewat flat trans ke Scorch Trials, dimana tetap memakan korban dan makhluk aneh, kali ini makhluknya bola yang makan kepala orang-_- tapi serius ini mengerikan!


Ada tokoh baru, yakni Brenda, Jorge (mereka ketemu pas udah nyampe Scorch) dan Aris (Aris ini kayak Teresa. satu-satunya cowok di grup B, grup perempuan). Semuanya kebagian peran hanya pada waktu tertentu. Thomas lebih sering jauh dengan grupnya. Kita di sini juga dibuat penasaran sama Teresa yang sesungguhnya. Banyak kata dan kalimat yang hanya mengandung sedikit clue, dan itu menyebalkan, daku dibuat makin penasaran-_- kayaknya dibuku ketiga bakal langsung dijebretin apa-apanya ya?

Karakter! Aku lebih suka Brenda dibanding Teresa, bahkan sebelum Teresa berkhianat. Penasaran banget sama Brenda, who is she? Terus ya, ada cinta segitiga gitu deh di sini. Brenda sama Teresa sama-sama suka sama Tom, makanya Tom sekarang lagi dilema. Hahahah. Tapi aku lebih dukung dia sama Brenda._. tapi kayaknya gak mungkin deh, secara tokoh utama lamanya kan Teresa. Tapi di awal-awal Teresanya ngilang nih.

Jalan ceritanya sih lumayan, gak kayak di yang pertama, hanya seputar Glade dan Maze. Tapi di sini mereka ada di asrama, terowongan, gurun (saharaaaa~~~ *emalah nyanyi._.), kota dan pegunungan. Awalnya sih masih seru, tengahnya agak ngebosenin dan akhirnya seru kembali. Aku masih bingung, untuk apa Tom dimasukkin ke ruang gas? belum menemukan jawaban-_- karena emang gak ngaruh, cuma malah bikin Thomas cemburu, terus gasnya buat apa? mungkin diilangin juga boleh._.

Lebih mengancam, di sini yang mati lebih banyak, dari 50 yang selamat cuma tersisa 11 dan alhamdulillah sampe akhir tetep 11, hehhee. Oh ya, di sini mau tau gak? Thomas sering banget pingsan! bahkan katanya ada ngitung sampe 29 kali, wew! melihat begitu banyak dia pingsan menurunkan sifat keheroikkan dia deh.

Karakter Minho tetep kayak dulu, Newt juga masih konsisten. Tom? masih kok, cuma gak sekuat yang di buku pertama aja.-. Musuhnya ada bola baja, crank, dan makhluk dengan bohlam sebagai baterainya. Cukup banyak dan sadis, apalagi pas ada orang yg kena petir, mengerikan kalo kebayang-_- Daaann, pola-pola apa sih maksudnya? Seperti biasa, detailnya memang bagus, detail yang memang benar-benar diperlukan. Setiap pergerakan yang dilakukan dan hasilnya. Perasaannya juga cukup tergambarkan.

***

Nemu gambar ini, mungkinkah keduanya tahun 2016? lama yaa-_- berhubung yang pertama aja 2014, jadi ya wajar aja. Tapi tumben-tumbenan selangnya 2taun, biasanya setaun ya kalo trilogi begini._.

No comments:

Post a Comment

pembaca yang keren adalah pembaca yang meninggalkan jejak :D
tapi tolong, jangan komen iklan atau promosi ya!