Saturday 30 November 2013

The Maze Runner #1

Judul: The Maze Runner (trilogy #1)
Penulis: James Dashner
Penerbit: Mizan Fantasi
Tebal: 532 hlm.
Terbit: November 2011
ISBN13: 9789794336557

Setiap hari mereka harus berlari. Menyusuri lorong maze yang berkelok-kelok di luar dinding glade, tempat mereka tinggal, hingga senja tiba. Dan, ketika kegelapan turun, para pelari harus sudah ada di dalam glade. Ya, pada saat itulah griever, monster buas dan ganas, tak segan menerkam siapa saja yang masih berkeliaran di dalam maze.


Mereka bukan sekadar berlari. Itu cara mereka bertahan hidup. Dengan berlari mereka berharap menemukan jalan keluar dari tempat terkutuk itu. Keluar untuk kembali pulang menjumpai keluarga mereka. Namun, lintasan maze selalu berubah-ubah dari hari ke hari. Rasanya, mustahil bisa keluar dari tempat itu.



Suatu hari pintu batu pelindung mereka tak lagi turun menutup. Griever-griever itu bisa menyeruduk masuk kapan saja. Setiap hari, satu anak dibawa pergi dan lenyap. Satu-satunya jalan adalah bergegas keluar dari tempat itu. Namun, mereka harus melewati maze yang membingungkan dengan sejumlah monster mengerikan di sana. Beranikah para pelari lari keluar dengan nyawa sebagai taruhannnya? Atau, akankah justru lebih baik tetap berada di dalam menanti pencabut nyawa sambil berharap mukjizat datang tiba-tiba?

***

Sebelumnya, aku udah pernah baca review tentang buku ini, tertarik sih. Sampe waktu itu menang giveaway yang hadiahnya buku ini, seneng banget! Thanks for her! :D 
Ini sebenernya aku baca pas bulan Agustus, tapi reviewnya baru sekarang, maaf banget! ditunda-tunda terus, tapi berhubung mau desember bentar lagi dan senin besok aku ujian, jadi nyicil review boleh lah, hehe. Doain nilai UASku bagus yak! Makasih semuaaa! *maap jadi curhat*


Ceritanya tentang Thomas yang dimasukkan ke dalam boks gelap dan dinaikkan ke atas hingga akhirnya boks terbuka dan disanalah ia, di Glade yang berbentuk kotak, dimana tiap dindingnya, saat malam tertutup untuk melindungi mereka dari mesin besar yang mengerikan yang hidup di Maze (luar Glade), Griever. Oh ya, di sana juga cowok semua, sampe keesokan harinya, datang penghuni Glade baru yang anehnya, perempuan. Dan yang membuat gelisah adalah, dinding itu, pintunya gak nutup! dan Griever-griever siap menghadang! Oh ya, di sini juga ada Runner atau Pelari yang setiap siang keluar Glade dan menuju Maze untuk mencari jalan keluar.
*

Aku suka Thomas, juga Alby! Alby tuh seenaknya tapi bijakasana banget, dia pemimpin Glade. 

Terus Chuck juga, bocah paling muda, anak bawang yang kasian banget harus tinggal di Glade dan dipekerjakan seperti itu-_-, sedih waktu denger Thomas mau bawa Chuck pulang ke rumah orang tuanya, dan sedih banget tiap denger ada yang mati._.

And i know what Galley did that! Emang apa yang dilakukan Galley? baca sendiri deh!

Minho(pelari) juga lebih seru dibanding Newt(wakil pemimpin) yang serius. 

entah kenapa aku suka waktu mereka berunding, perselisihannya dapet! semua karakter kayak terbagi rata, suka deh.

waktu Thomas diajarin jadi Pelari sama Minho juga.

Dan bagian akhir yang paling keren, bener-bener menegangkan! yaitu waktu Thomas di luar Glade alias Maze pas malem-malem, dimana banyak Griever nyerang. Keren! asli, kita dibuat deg-deg-an sama Griever yang mau nyerang, beneran takut ketauan, padahal yakin banget bakal selamat karena baru beli buku keduanya (yay! ahaha). Lagian mana mungkin sih tokoh utama mati? hehe, tindakan heroik Thomas keren dah!

Aku suka alurnya, gaya bahasanya, juga adegan-adegannya, karakternya juga bagus!

Dan aku sekarang tahu kenapa ada nama aneh macam Newt, bingung kan mau baca gimana? Newton aja dibaca nyuton, ini masa nyut? berasa sakit kepala-_- tapi akhirnya aku baca versi bahasa indonesia aja. Dan kalian tahu kenapa nama-nama yang digunakan Newt, Thomas, Alby? ternyata penulis menggunakan nama-nama............(gak mau spoiler). Tapi aku masih belum tahu Minho atau Chuck atau Galley ataupun Teresa ngambil nama dari mana, gak familier aja nama..........nya :D

Ngomong-ngomong soal cover, aku lebih suka cover Mizan, karena ketakutannya lebih dapet, dan ada ilustrasi Griever di sana, juga paling belakang kayak kota yang hancur, sangat menggambarkan.
*

Terus-terus, denger-denger buku ini mau di filmin (yay lagi!) kabarnya 19 September 2014, setaun lagi. sumbernya dari imdb. klik aja link tadi buat liat siapa pemainnya ;)

No comments:

Post a Comment

pembaca yang keren adalah pembaca yang meninggalkan jejak :D
tapi tolong, jangan komen iklan atau promosi ya!