Saturday 26 January 2013

Liesl & Po

ini review yang aku tulis ketiga kalinya karena ke ilang terus, jadi ilang, nulis lagi, ilang lagi, nah ini aja terakhir, awas aja kalo tiba-tiba ilang lagi!

ini cerita untuk anak-anak, kangen sama cerita beginian.

Judul: Liesl & Po
Penulis: Lauren Oliver
Ilustrator: Kei Acedera
Penerbit: Mizan Fantasi


Liesl lives in a tiny attic bedroom, locked away by her cruel stepmother. Her only friends are the shadows and the mice,until one night a ghost appears from the darkness. It is Po, who comes from the Other Side. Both Liesl and Po are lonely, but together they are less alone. 

That same night, an alchemist's apprentice, Will, bungles an important delivery. He accidentally switches a box containing the most powerful magic in the world with one containing something decidedly less remarkable. 

Will's mistake has tremendous consequences for Liesl and Po, and it draws the three of them together on an extraordinary journey.

From New York Times bestselling author Lauren Oliver comes a luminous and magnificent novel that glows with rare magic, ghostly wonders, and a true friendship that lights even the darkest of places.
**
Liesl Morbower dikurung di loteng oleh ibu tirinya, Augusta. Hari ketiga dia dikurung dia liat penampakan hantu-entah laki-laki atau perempuan- dengan seekor binatang-entah kucing atau anjing, karena di Dunia Lain semua tampak kabur-. mereka akhirnya berteman, Liesl ingin Po, hantu tadi menyampaikan pesan rindunya kepada ayahnya yang meninggal tiga hari lalu.

sementara itu Will, setiap hari selalu melihat ke arah jendela loteng untuk melihat 'gadis loteng' yang sepertinya sedang melakukan sesuatu. Will adalah seorang murid sang alkemis, hari itu dia disuruh sang alkemis ke tempat Lady Premier untuk mengantarkan peti sihir yang kata sang alkemis adalah sihir terkuat yang ia buat dan memang pekerjaannya selama 5 tahun karena bahannya yang susah didapat. lalu setelah dari sana Will harus ke tempat Mr.Grey untuk membeli bahan untuk sihir sang alkemis.
tapi, bukannya mematuhi perintah sang alkemis, Will malah ke tempat gadis loteng itu dulu, tempat yang jika ia harus ke Lady Premiere dulu, ia harus memutar dan membuat Will hanya bisa tidur satu jam. akhirnya ia memutuskan untuk ke rumah Mr.Grey dulu.
Mr.Grey yang kehabisan guci untuk abu orang meninggal, harus merelakan peti perhiasan neneknya(?) untuk abu Mr.Morbower yang meninggal tiga hari lalu.
karena bentuknya yang hampir sama, juga karena rasa kantuk Will dan ketakutan Will akan Mr.Grey, Will malah membawa peti yang salah saat keluar dari rumah Mr.Grey. ya, tertukar dengan tidak disengaja! dandari sinilah petualangan dimulai....

ngingerin tentang rapunzel yang dikurung di loteng sama ibu tiri yang jahat, tapi kesananya beda. ceritanya ringan tapi tetap menarik. karakternya juga kuat. Lucu! masa si mr.grey yang memang menangani orang-orang mati ngeluh gini: coba aja orang-orang tidak meninggal untuk seminggu saja-_- yaa mana bisa coba errr. terus wanita tua yang ingin membersihkan negara dari kejahan, terus Mo si otak udang yang penyayang, Augusta yang walau pake pakaian mahal masih kayak kodok, dan lainnyaaa... ilustrasinya juga keren, yaiyalah orang ilustrasi cover sama layout bukunya sama yang nge'...apa ya..'innya Alice in Wonderland, hihi

karya Lauren Oliver yang lain (Lauren Oliver ini penulis delirium trilogy). disini dia memberikan hal yang berbeda, ada sihirnya, alkemi dan hantunya. bagus sih kalau aku bilang :)

pengucapan Liesl itu gimana sih? aku bacanya kayak liszel, terus lils, liyezel. entah deh bingung, nama susah amat-_-

ini juga ada video ilustrasi yang ada di buku:

1 comment:

pembaca yang keren adalah pembaca yang meninggalkan jejak :D
tapi tolong, jangan komen iklan atau promosi ya!