Tuesday 13 August 2013

Confused: Jurusan Kuliah

Ciye yang udah kelas 3 SMA, gimana mau lanjut kuliah di mana? ambil jurusan apa? yakin bisa masuk sana gak? Persiapannya udah apa aja?
Eerr, pertanyaan itu sebenernya udah berseliweran kapan aja, cuma ekstrimnya ya di kelas 3 sekarang ini. Iya, itu emang bagus untuk mencegah kelalaian para siswa yang masih adem ayem aja sampe saatnya mau tiba baru sibuk. Kuliah itu katanya enak, kamu terbebas dari seragam, kuliah juga gak tiap hari tapi cuma kalau ada kelas, dan pasti keliatan lebih keren, bukan bocah lagi.

Masih ada lagi nih yang beda dari kuliah dan sekolah, tapi kali ini bagian yang gak enak. Guru sama dosen itu beda loh, kalau guru ngajarin kita sampai bisa, tapi dosen cuma nyampein pelajaran aja, peduli amat kalian ngerti apa nggaknya. Katanya sih, kita lebih sering ngeliat punggung dosennya, dibanding mukanya. Terus dari soal juga beda, kalau sekolah jawaban udah pasti, paling panjang juga setengah halaman. tapi soal kuliah itu beda jauh, soalnya dua baris, jawabannya dua halaman. Dan itu ngisinya bukan mengarang bebas-_- Jadi gimana? masih mau tetep kuliah?

Masih lah, mau jadi apa nanti kalo gak kuliah, beberapa yang kuliah aja masih ada yang pengangguran apalagi yang gak kuliah coba. Back to topic, terus kamu mau ngambil jurusan apa? Oke, ini udah mulai pribadi aku sendiri. Banyaaakk banget jurusan kuliah yang aku mau, tapi katanya satu aja udah susah, gimana mau ngambil banyak? dan tentunya gak mungkin juga kan kamu kuliah di dua tempat dengan waktu yang sama. Terus ya, mauku kalau bisa, nanti kerjanya aku bisa berinteraksi dengan orang, gak mau yang menyendiri gitu._. Aduh, ini udah ngalor ngidul gini, maap, langsung aja aku buat list tentang cita-cita jurusanku dari kecil:


POLWAN (POLISI WANITA)

Dari TK sampai SD aku pengen banget jadi polwan. Mungkin karena TK aku berdekatan dengan kantor polisi, dan TKnya sendiri ada khusus seragam polisi, keliatan bagus deh, keren gitu. Tapi kesini-sini aku jadi ogah keras gara-gara mendengar banyak isu yang menjelek-jelekan gunanya polisi, padahal kan lebih jelek tentara ya? kita kan lagi gak perang, ngapain juga ngebanyakin angkatan perang? kerja apa mereka? Eh maap malah ikut ngejelekin, tapi ya itu cuma emosi sesaat, pasti ada fungsinya kok, walau aku gak tau itu apa.

FMIPA ASTRONOMI
SMP aku gak mikir sama sekali tentang kuliah, sekolah ya sekolah aja. Nah pas SMA udah mulai mikir karena, 'hey bentar lagi kamu kuliah loh'. Dan jatuhlah pilihanku ke Astronomi gara-gara aku seneng banget ngeliat bintang di kota berpolusi ini, tau maksudku dong? Iya, di tempatku emang jarang banget bisa liat bintang dengan jelas, tapi sekalinya keliat udah deh aku dongak kepala terus ngeliat keindahannya. Eh, FYI, Astronomi sama Astrologi itu beda loh ya! Jangan kira anak astronomi itu peramal bintang zodiac kalian, tidak, tidak, kalian salah besar. Kalo misal nanti aku kuliah jurusan ini, di Astronomi ITB, aku bisa datang ke Boscha!! Secara, cuma anak astronomi punya Boscha. Tapi keinginan ini juga mulai surut, walau gak sampe habis, aku masih ada keinginan masuk jurusan ini kok. Cuma diliat dari peluang kerjanya yang susah, iya pengennya sih masuk LAPAN, neliti langit apalagi bintang. Tapi dimana lagi? Terus rumor beredar juga ada pelajaran fisikanya, APA? Fisika kan pelajaran yang paling kuhindari, males deh harus ketemu satuan membingungkan lagi, ew.

SAPPK atau PLANOLOGI
Ya, ini emang kurang terkenal. Apa sih SAPPK? SAPPK itu.....pokoknya intinya itu perencanaan kota! Aku lupa singkatannya apa. Masih gak ngerti? Gini deh, kamu tau arsitek dong? orang yang ngebangun gedung. Kalo Planner (istilah untuk orang yang planologi) ini lebih luas, yakni orang yang ngatur pembangunan gedung-gedung. Jamak tuh, jadi gak cuma satu, tapi banyak gedung, rencanain kota gitu deh. Kenapa tertarik? karena kalo kuliah ini, kamu bakal ditawari banyak survei ke daerah daerah dan itu menghasilkan uang, iya jadi kuliah juga kamu bisa ngehasilin uang asalkan kamu pinter juga pandai berkomunikasi, kamu pasti diajak dosen ke proyeknya. Tapi keinginan ini surut habis karena kuliah ini gak terkenal, orang masih kurang sadar akan pentingnya perencanaan kota. huffff.

FILSAFAT
jurusan ini pernah terbersit di otakku, katanya filsafat itu keren, anak filsafat itu pikirannya terbuka, kritis, hebat deh pokoknya. Lihat Dian Sastro, dia juga anak filsafat, udah cantik, cerdas lagi._. Tapi hey rumor berkata kamu harus teguh iman karena ini mendiskusikan sesuatu yang tidak mungkin menjadi masuk logika, Di situlah kepercayaanmu terhadap Tuhan diuji. Aku juga pernah baca Dunia Sophie, sebuah novel yang lebih banyak filsafatnya dibanding ceritanya, tapi tetep keren. Novel paling lama yang aku selesein dan ada satu bab yang aku lewatin. Dan pas baca ini apa yang aku rasakan? Aku jadi agak meragukan Tuhan, ya FYI, Jostein Gaarder ini atheis-_- Tapi alhamdulillah, aku masih berkeyakinan teguh pada Islam. Dan rumor beredar banyak sisi pelajaran PKn nya, pelajaran yang dari SMP aku mulai membencinya. Gimana nggak? politik Indonesia aja aku gak pernah merhatiin, Kasus kasus banyak terjadi. Tapi tenang, aku masih cinta Indonesia kok. Karena di sinilah tempat aku dilahirkan dan dibesarkan, walau belum pernah keliling Indonesia.

SENI RUPA
Ide ini pernah terlintas, karena aku memang suka dengan gambaran *walau gambaranku kurang bagus*. Nilai seni rupaku juga selalu bagus, iya memang bukan ngegambar pemandangan kok, helow jaman gini masih ngegambar gunung? Nggak, aku belajar tentang geometris, pake tinta cina, terus ngegambar bangun ruang yang bendanya ada, gambar buah-buahan yang asli, gambar lingkungan sekolah, wajah diri sendiri, pokoknya semuanya realistis! Terus juga gambar baju. Dan hey, nilaiku di rapor paling kecil dapet 88 loh! Entah memang gambarku lumayan atau gurunya berbaik hati pada diriku, haha! Tapi kakak iparku juga mendukung aku di sini, katanya, kalau aku masuk sini ntar kerjanya bisa bareng sama dia, iya dia juga anak seni. Dan anak seni itu gak selamanya harus jago gambar loh, asal pinter konsepnya aja. Tapi aku nolak karena minder sama temen-temenku yang lain yang lebih jago gambar._.

PSIKOLOGI
Kamu bakal tau kepribadian orang dengan sekali wawancara bahkan dari tulisan tangan, oh betapa cerdiknya mereka. Kerjanya juga gak banyak omong, tinggal denger keluhan orang dan kamu cuma komentar dikit-dikit. Simple. Tapi banyak banget peminatnya heyyy, banyak temenku yang penasaran sama perilaku setiap orang layaknya psikolog ini. Bentar nih, orang psikolog itu yang nyembuhin orang dari depresi atau trauma kan ya? terus kalo udah gila, psikolog juga apa ada dokter lain? *minim pengetahuan*


FAKULTAS KEDOKTERAN
Kalo yang ini permintaan orang tua alias mama, yang ngebet banget pengen salah satu anaknya jadi Dokter. Dulu sih, kakakkku yang ke-3 yang pengen jadi dokter, tapi karena waktu itu keluargaku lagi krisis, ditumpahkanlah keinginan itu padaku. Aku sih jawabnya ya jalanin aja dulu, kalo misal ntar aku keterima ya syukur berarti emang udah takdirnya di sana, dan kalau nggak ya bersukur juga karena gak bakal ketemu buku mahatebal itu, haha. Tapi aku juga pengen ngebanggain orang tua, pengen buat mereka seneng, mungkin salah satu jalannya ya ini. Tapi aku juga gak akan maksain pengen masuk dokter sampe ngeluarin duit berjuta-juta, ogah aku! Duit dari mana? Aku cuma anggota keluarga sederhana, nggak kaya apalagi mahakaya. Oh, ya, menurut kakak iparku yang pertama, aku bisa aja teori tuk jadi dokter, tapi gimana prakteknya? Secara aku emang agak jijian orangnya. Penakut? yaa lumayan, ya kalo misal aku keterima di sini, aku cuma minta doa dari kalian semoga aku bisa bertahan!!

FMIPA KIMIA
Dilihat dari nilai rapor, nilai IPA yang paling bagus itu berada di pelajaran kimia! Jadi aku memutuskan kalo gak masuk doter aku mau masuk kimia aja dulu, tentu bukan teknik, karena aku memang menghindari teknik, selain itu rumor beredar di teknik kimia lebih banyak fisikanya daripada kimia, ha? yang bener, makin makin gak mau deh masuk teknik kimia. Jadi pilihan terkahir mungkin FMIPA KIMIA. Tapi aku gak mau jadi guru, karena aku memang gak pandai menyampaikan sesuatu, mungkin karena sifat gak-banyak-omongku, kalo dosen mungkin masih mau, secara dosen kan emang terkenal galak, haha *evil laugh*. Tapi bisa kali ya nembus Pertamina? Lagian kan, jaman sekarang banyak pekerjaan yang lintas jurusan._. Oh, ya, salah satu aku pengen masuk ini juga aku berharap aku bisa kayak seorang blogger yang sering aku kunjungi, dia itu S1nya di UGM, terus S2 beasiswa di Ausie, dan sekarang mau beasiswa S3 di Amrik, huaaaa, kurang keren apalagi coba? Aku harus mengabdi padanya! Tapi dilihat dari nilai TOEFL laluku yang cuma 447, ya silakan kalian tertawa, gak akan nembus ke luar negeri. Secara, harus diatas 500 syaratnya, kalau gak salah. Tapi aku masih semangat kok, kata luar negeri itu masih menggiurkan dimata dan pikiranku.

Jadi, sebenernya jurusan mana yang mau aku pilih? kenapa banyak banget yang diceritain? Sekarang mungkin FK sama Kimia deh InsyaAllah, doain yang terbaik aja yaa. doakan aku!!! Terima kasih *hugs*
Oh ya, lupa belum bilang ucapan lebaran di Blog ini,
Selamat Idul Fitri yaa,
minal aidzin wal faidzin,
mohon maaf lahir dan batin :)


1 comment:

  1. setengah dari jurusan di atas pernah diminati juga, tapi sekarang ada 2 jurusan yang paling minat antara astronomi dan sappk. bingung juga milihnya heheu.

    mampir kesini karena nemu di page awal google.

    ReplyDelete

pembaca yang keren adalah pembaca yang meninggalkan jejak :D
tapi tolong, jangan komen iklan atau promosi ya!