Monday 27 May 2013

look like a diamond

bukan, ini bukan ngebahas tentang lagu shinebright like a diamond tapi cara pandang kalian terhadap suatu hal. aku ngutip ini kalimat dari Titanium, bukunya Sitta Karina yang seri Hanafiah itu lho. ini nih:
"Tetap membumi Romy. Dengan kau membumi hati terasa lebih bijak. Lihatkah suatu masalah dari banyak sudut pandang. jadilah berlian sejati; ia dapat memancarkan kilaunya yang terindah karena tubuhnya memantulkan cahaya dari banyak sisi."  pg.247
dari kalimat di atas, aku mikir, terkadang orang tuh cuma liat masalah di satu sisi, tanpa memerdulikan sisi lain, bener gak? banyak lho kejadian kayak gini menurutku. padahal, seharusnya kita ngeliat suatu masalah dari berbagai sisi. kayak misal kamu ngeliat buku dari covernya dan judge buku itu hanya dari cover saja, gak adil itu! kamu harus baca seluruh isinya juga baru bisa keluarin pendapatmu.

sekarang kebanyakan orang kalau dapet masalah pasti gak mau disalahkan, siapa sih yang mau disalahin? wajar memang, tapi  jangan asal ngejudge juga, jangan cuma liat sisi negatifnya, tapi positifnya juga. coba deh kamu ubah cara pandang kamu kalau kamu jadi dia, pikirin dulu. gak semua yang keliatan buruk di satu sisi/mata kamu, keliatan buruk juga di sisi lain. gak semua yang pertama kamu liat itu buruk, coba kamu liat untuk kedua, ketiga dst, pasti ada suatu hal positif yang ada, yang tidak diperlihatkan saat pertama kamu liat. 

kritik itu bagus tapi kalau terus-terusan kritik itu gak baik, harusnya kamu masuk kesana dan buat perubahan. talk less, do more! jangan sebaliknya.

kita tuh gaboleh asal ngomong, jangan asal ngejudge, tetap membumi! dan jaga perasaan orang lain. dengan itu semua mungkin kamu merasa telah melakukan hal yang bijak. lihatlah suatu hal dari berbagai sisi, jadilah berlian yang memancarkan kilaunya dari berbagai sisi, jangan egois, jangan cuma mementingkan dirimu sendiri. pola pikir kamu musti dirubah! orang yang bisanya nethink mulu itu gak akan berkembang. 

segala kejadian itu pasti ada hikmahnya, manfaatnya, coba kamu cari hal positifnya, dan yang penting jangan pake emosi, semua akan berantakan ketika amarah menguasai, makanya kamu harus tenang dan lapang. 

No comments:

Post a Comment

pembaca yang keren adalah pembaca yang meninggalkan jejak :D
tapi tolong, jangan komen iklan atau promosi ya!