Thursday 20 December 2012

Pandemonium: sequel to Delirium

Judul Novel: Pandemonium (Delirium#2)
Penulis: Lauren Oliver
Penerbit: Mizan Fantasi

pandemonium: kekacauan yang sangat. Pandemonium ini book 2 of Delirium trilogy. jadi jangan baca ini dulu sebelum kamu baca Deliriumnya.
kalo di delirium kita liat awal babnya dengan satu, dua, tiga dengan beberapa petikan kitab Pssstnya. tapi di Pandemonium kita lihat Kini dan Dahulunya, setting waktuyang unik menurutku.

walau sebenernya kalo mau baca yang dahulu-nya dulu juga gak apa-apa, gak terlalu ngaruh karena disana hanya menceritakan bagaimana Lena setelah ia berhasil ke Alam Liar, bagaimana ia bisa menjadi setangguh dan sekuat ini, tapi tetap bagus.
Aku tumbuh menjadi sosok yang lebih kuat. Akulah batu yang dihempasaliran air teduh. akulah kayu yang dihanguskan api dan berubah menjadi arang. Otot-ototku seliat tali, dan kedua kakiku sekokoh kayu...pg.126
Alam liar, kini ia berada disana, dimana cinta kasih sayang bisa tumbuh. Alam liar itu keras, gimana nggak? makanan sulit didapat, air diambil dari jarak yang cukup jauh, apalagi kalo musim dingin bersalju dan hanya ada sedikit permukiman yang layak saat musim itu, mereka tentu harus berpindah tempat. pengobatan sangat minim, untungnya ada orang dalam yang masih berkomunikasi dengan alam liar dan memberi makanan dan obat-obatan, walaupun tidak sering, apalagi setelah ada yang kabur dari sana, cara untuk menyelundupkan makanan lebih susah, dan akhirnya alam liar kelaparan juga-_-

sedangkan dengan Kini-nya menceritakan tentang Lena yang menjalankan misi di New York, yaitu memata-matai Julian Fineman yang adalah pahlawan bagi DFA-deliria free america- sekaligus presiden dari divisi kepemudaan di organisasi tsb. bersama Raven dan Tack. lalu saat DFA itu mau demonstrasi, kayak acara besar gitu tiba-tiba datang Burung Bangkai-sebutan untuk invalid yang ingin menghancurkan habis para valid, jadi invalid ada dua kelompok, Burung Bangkai dan pemberontak seperti Lena-. Lena yang memang diharuskan mengikuti Julian akhirnya diculik oleh Burung Bangkai dan mendapatkan teman kurungan Julian. makin lama-makin lama, gak mungkin dong Lena sama Julian gak kenapa-napa, jadi seiring di sel dan kabur dari sel, serta melawan Burung Bangkai, Julian terserang deliria, Lena pun ya, dia terserang lagi. terus gimana Alex? dari awal sampe agak akhir Alex gak muncul-muncul, tapi satu yang bikin aku seneng! mengenai Alex, mau tahu? baca!
*


Sedikit Spoiler, jangan buka kalo tidak mau bernasip sama sepertiku-_-


setelah baca delirium, karena tingkat kepenasaranku terhadap Alex, aku nanya sama kakakku yang udah baca Pandemonium, "Alexnya mati kak?" dan dijawab "nggak liat deh" dia ngambil novel Pandemonium versi Inggris sambil nunjukin halaman terakhir dan disitu dikatakan Alex kembali dari kematian, dan sebelnya lagi dia cuma bilan satu kalimat yakni 'dont believe her' oh no, si kakak memberi tahu saya spoiler yang amat sangat penting, jadinya aku tidak terlalu terbawa suasana pas Lena galau karena Alex.

seperti biasa idenya sangat menarik, petualangannya, hari hari pertamanya di Alam Liar. karakter-karakter baru lainnya yang keren dan tentu kuat. pembawaan suasananya juga, wih actionnya keren. gaya bahasanya nyaman, detailnya masih tetep keren dan perumpamaannya sedikit, gak sebanyak yanng aku baca di delirium hehe. jalan ceritanya yang unik bikin ketagihan, and i cant put down this book! ebook tepatnya sih hehe, aku bacanya di ebook supaya praktis haha. akhir ceritanya jugaaa aaaaa love triangle! jadi keinget twilight, tapi ini beda,. yak walaupun udah tahu sedikit spoiler dari kakakku tapi ini tetep ngebuat aku kaget. campur aduk deh itu perasaan, dilema, dilema, dilemaaaaaaaaaaa.

banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari novel ini, tepatnya pas Lena di Alam Liar, dan Raven, pemimpin perempuan yang amat sangat hebat!
 Tapi kau selalu bisa membangun masa depan dari ketiadaan atau apapun yang tersisa. Dari serpihan atau sekerlip cahaya. Asalkan ada hasrat untuk terus maju, setapak demi setapak, kau dapat membangun kota yang terang, luas dan terbuka di atas puing-puing dan reruntuhan. pg.69
oke, kabarnya ini novel bakalan terbit Februari. tapi gatau pastinya sih. dan aku ini udah baca versi Indonya karena kakakku yang termasuk orang dalam Mizan, hehe. dan itu tentang quotenya maap kalo ada salah-salah hihi :D

nb:setelah buku ini terbit aku mau edit postingan ini lagi, tentang penerbit, penerjemah, tebal, ISBN dan sinopsis yang biasa aku tulis di awal postingan ;)
nb: ini pertama kalinya aku pake spoiler yang biasa di kaskus, mencoba hal baru ceritanya haha.

2 comments:

  1. versi bahasa indonesianya udah diterbikan sama mizan, aku nuggu banget nih yang pandemonium setelah dibikin penasaran diakhir cerita delirium:) salam kenal:)

    ReplyDelete

pembaca yang keren adalah pembaca yang meninggalkan jejak :D
tapi tolong, jangan komen iklan atau promosi ya!