Thursday 19 September 2013

Cinta. (baca: cinta dengan titik) #VirtualBookTour

Judul: Cinta. (baca: cinta dengan titik)
Penulis: Bernard Batubara
Penerbit: Bukune
Tebal: 314 hlm.
Terbit: September 2013
Genre: Romance
ISBN: 602-220-109-8

"Mengapa cinta membuatku mencintaimu, ketika pada saat yang sama kau mencintai orang yang bukan aku?

Ketika telah membuka hati, aku pun harus bersiap kehilangan lagi. Apakah setelah cinta memang harus selalu ada air mata dan luka hati?

Kalau begitu, bagaimana jika kita bicarakan satu hal saja. Cinta. Tanpa ada yang lain setelahnya. Kita lihat ke mana arahnya bermuara."
****

Duh, maaf ya baru bisa post malem-_- sibuk berat nih, pulang sekolah jam 3 sore dilanjut les sampe magrib, dan perjalanan pulang, nyampe rumah jam 8 malem. Susah ya yang bentar lagi mau jadi mahasiswa, bukan siswa lagi, hehe. Tanggal 9 September lalu aku dapet email tentang [Bukune] First Reviewer novel Cinta. -Bernard Batubara. Who's not interest? Di sana dijelasin kalau 7 orang beruntung akan menjadi Host dalam Virtual Book Tour Cinta. (Jadwal posting bisa dilihat di #VirtualBookTour) dan mendapatkan buku Cinta. yang bahkan waktu itu belum terbit dan kamu bakalan dapet bukunya lebih cepat dibanding yang Pre-Order. Langsung deh aku balas dan Alhamdulillah, aku termasuk 7 orang itu! Yay! Seneng banget! Makasih, Bukune! Aku baca buku ini dari tanggal 7 sampai 11 September, lama ya? Itu bukan karena novelnya ngebosenin loh, tapi aku disibukkan sama tugas dan ulangan yang tiap hari tiada henti. Tapi aku selalu nyempetin buat baca karena gak mau dibuat penasaran lama-lama. "Jadi, kapan aku mau mulai reviewnya?" Haha maaf malah curcol dulu, mari kita mulai ;p
***

Pemilihan judul yang unik. Cinta pake titik! Kalau saja gak ada titik-nya, judulnya akanlah sangat biasa. Didukung oleh sampulnya yang keren dan pastinya bikin orang jatuh hati! Warna hitam putih kayak di papan tulis kapur, berhiaskan doodle dengan bentuk hati di tengahnya yang bertuliskan kata 'Cinta.'. Ditambah Ilustrasi menariknya di beberapa halaman, walau gak banyak dan gambarnya gak penuh sehalaman tapi cukup menambah nilai plus untuk gambarnya sendiri yang memang berhubungan dengan isi cerita.
Demas-Nessa-Endru. source: here
Berkisahkan tentang Nessa yang dua tahun ini berstatus single, ia trauma dengan sebuah hubungan karena kedua orangtuanya yang berpisah, terlebih ia membenci ibunya. Sang Ayah yang khawatir, bermaksud menjodohkan Nessa dengan Endru. Tapi lelaki lain -Demas- telah lebih dulu, mampu meruntuhkan dinding yang telah Nessa bangun, sebelum Endru. Tapi ia malah terjerat pada cinta yang tidak ia ingini.

Nessa, si Nona Neruda yang cuek, tidak menyukai pink, dan suka membaca. Dan Demas yang gondrong, romantis dan pecinta seni. Juga Endru, yang bertingkah semaunya, peduli dan play boy(?). Untuk karakternya sendiri cukup kuat dan menggambarkan. Pertamanya aku suka Demas, tapi kesini-sini aku lebih suka sama Endru, tanpa hubungan rekan kerjanya itu ya! Meskipun jika dibandingkan soal romantis-romantisan yang menang adalah Demas, karena dia berhasil membuatku berteriak kyaa-kyaa senang sekaligus iri. Tapi pesona Endru lebih dapet dibandingkan Demas._. Terus, kayaknya penulis sangat mengerti sifat-sifat wanita ya(?) Soalnya, yang dipikiran wanita itu memang suka kayak gitu, mengalami dilema hingga akhirnya dia terlihat plin-plan sebelum mengambil keputusan yang pasti. Tokoh-tokoh lain juga tak tertelantarkan, semuanya ikut terceritakan. Untuk feelnya sendiri, aku rasa sedihnya kurang mengaduk perasaanku, tapi bahagianya dapet banget! Walau humor ayahnya berasa biasa._.

Judul per-bab-nya sebenarnya berkaitan, tapi kebanyakan selalu kurang mewakili atau menceritakan keseluruhan dari isi bab. Bukan hal penting, aku suka kok, hanya saja aku lebih suka yang mewakili. Dan aku suka teori pada setiap paragraf pembuka bab atau subbab, bagus sekali! Permainan kata-katanya juga perumpamaannya yang sepertinya tak ada habisnya Contohnya di halaman 155, di sana menjelaskan tentang luka dalam satu paragraf panjang, menarik. Ceritanya juga ngalir, bab 1 dan 2 masih berasa biasa tapi kesananya bikin penasaran. Konfliknya juga cukup bagus, hanya saja klimaksnya tertebak-_- terlalu biasa. 
 "jangan merebut kebahagiaan orang lain, Nak. Carilah kebahagiaanmu sendiri." (pg.243)
Dari beberapa kutipan lagu yang dimasukkan, kayaknya lagu Maroon 5-lah yang paling banyak, kayaknya penulisanya suka maroon 5 ya._. hehe. Lalu di halaman awal juga sempat menceritakan pottermore.com! Nessa potterhead bukan? Kalau iya, berarti kita sama! I'm Slytherin B-) yang terjebak di asrama Ravenclaw-_- *ini out of topic, maaf*.  

Haiku. Di novel ini aku dikenalin sama yang namanya Haiku atau sajak tiga baris, yang pertama terdiri dari 5 suku kata, kedua: tujuh suku kata dan terakhir: lima suku kata lagi. Dan lagi-lagi aku jatuh hati sama haikunya, terus juga ada puisi dan some wordplay antara Endru dan Nessa. Keren!
Midnight in your eyes
darkness and silence and stars
very compelling
--demas (pg.64) / -AKW (pg.128)
fyi, AKW itu singkatan dari Ademas Kusuma Waluyo. Haiku itu ada di halaman 64 yang ditulis Demas diam-diam ketika Nessa ke toilet, waktu di rumah Nessa udah baca haiku itu bahkan membalasnya walau bukan dengan haiku lagi. Tapi waktu di halaman 128, Demas nulis haiku ini lagi dan Nessa seakan takjub baru pertama lihat, padahal dia kan udah pernah baca sebelumnya ya? Terus baru deh Nessa bales dengan haiku lagi. Itu kesalahan atau memang disengaja, gak ngerti deh-_-
Setiap orang memang memiliki sisi yang tidak pernah ia perlihatkan. Ada yang berkata bahwa manusia itu sesungguhnya seperti kristal, memiliki banyak fragmen yang tidak sekaligus bisa dilihat dalam satu waktu. (pg.137)
But overall, i love this book! Ini merupakan kerya Bernard batubara yang pertama aku baca, dan dari sini aku jadi penasaran sama karya-karya lain Bernard Batubara. Milana kayaknya boleh juga :p

1 comment:

  1. wah sama dong, bentar lagi bakal jadi mahasiswi ya hehe amin
    sebenernya, aku kurang suka cerita yg berbau romance gini lebih ke ceita sci-fi, tapi apa salahnya dicoba baca dulu, lagipula dari resensi yang udah kamu tulis soal buku ini, kayaknya buku ini asik hehe :)

    ReplyDelete

pembaca yang keren adalah pembaca yang meninggalkan jejak :D
tapi tolong, jangan komen iklan atau promosi ya!