Monday, 27 July 2015

Ceritakan liburanmu!

Sebagai mahasiswa, kami mendapatkan jatah liburan yang sangat panjangggg pada semester genap. Kecuali kalau kalian ambil sp ya. 

Nah, aku kan udah mahasiswa ya? Terus dapet tugas nulis tentang liburan. Kalian harus percaya! Ini sungguhan! Apa yang kepikiran coba? Berasa anak SD yang buat tulisan "Pergi ke Rumah Nenek". 

Tapi sebagai mahasiswa kelautan, pasti pengen dong nyeritain liburannya yang ngeksplor keindahan laut, ke pantai, ke laut, pokoknya ketemu sama air dah. Aku juga liat temen-temen pada update di sosmed macam instagram atau path yang mamerin mereka lagi di pantai inilah itulah, duh! Bikin ngiri pokoknya. 

Dan mari kita lihat liburanku! 
Aku. Gak. Kemana. Mana. 
Hiyaaatttt, menyedihkan sekali. Aku cuma pergi silaturahmi ke rumah-rumah orang, meet up sama sahabat, ketemu temen lama, nonton film, meratapi hidup, menggalau-ria, mendekam di rumah dan menghasilkan banyak telur. Iya. Gitu aja. Padahal aku kan anak kelautan ya? Tapi liburan ketemu laut aja nggak, miris kan. Duh!

Jadi apa yang harus aku tulis di tugasku? Mana harus ada fotonya pula. Masa iya aku tempel fotoku yang lagi bobo jelek? Kan gak lucu. Nanti yang liat pada terpesona gimana? eh terpingkal-pingkal menertawakanku maksudnya. 

Sebenernya fine-fine aja liburanku begini aja, karna......emang biasa gini. Iya, aku tahu ini semakin menyedihkan. Tapi ya masalahnya itu tugasnya. Tugasnya bikin aku kepikiran dengan liburanku yang sangat standar anak rumahan. Harus diapakan tugas ini kira-kira?

Kalo waktu kecil, aku gak begitu kebingungan karna  "pergi ke rumah nenek"ku masih bisa kutulis dengan aku yang bermain kelereng, main monopoli, petak umpet, liatin sodara manjat pohon, main sepeda keliling kampung or so on. Tapi kan aku udah gede, di rumah nenek aku udah gak ngelakuin hal itu, bahkan ponakan aku aja mainannya udah gadget-_-

Aah sudahlah. Biarkan tulisan liburanku kriuk-kriuk ranginang. Yang penting aku ngerjain. Lagian gak masuk nilai akademik juga. Ini hanya kakak tingkat tercinta yang memberi tugas karena entah penasaran kegiatan liburan adik tingkatnya atau pengen ngerjain adik tingkatnya atau lagi nyari bahan tulisan buat ditempel di mading kuliah. Entahlah. Aku cuma bisa pasrah. Heheheh._.v

Bonus quote:

Thursday, 23 July 2015

Akhirnya, Resmi Jadi Anak Bogor

Yeaaaa, setelah perjuangan berat tes sana-sini (kalian bisa liat artikelku di sini), akhirnya nyantol juga satu. Di Ilmu dan Teknologi Kelautan (FPIK) IPB.
A: Selamat yaa!! *shake hand*
B: ikut seneng ih dengernya. *tepuk tangan*
C: Alhamdulillah *pelukan*
Yaa, seperti gitulah tanggapan orang lain waktu aku kasih tau kalau aku keterima SBM. Terus-terus, emangnya kalo udah keterima SBMPTN langsung nyantai? TIDAK. Aku harus berjuang lagi, bedanya gak usah mikir, tapi tenaga.

Sibuk ngumpulin berkas sana-sini, ke kulurahan, ke sekolah, ke tukang fotocopi, ke RT, ke RW, dan terakhir ke Jasa Pengiriman Dokumen. Iya, kalau di IPB kita disuruh kirim-kirim dokumen dulu. Baru ntar hampir sebulan kemudian (mengingat liburan ramadhan dan hari raya, jadi jaraknya lama) baru kita registrasi ke kampusnya langsung! Ohiya, dua hari sebelum registrasi juga harus udah ada di asramaa. Gilaaa, bakal jadi anak Bogor nih si yustie!

Dan tanggal 11 pun datang. Aku sama mama, ayah, dan a yogi melintas ke Bogor, tepatnya kabupaten bogor. Ternyata selama ini aku salah informasi. IPB yang deket Botani itu yang kampus D3, kampus S1 sih di Dramaga, jauuuhh dari peradaban-_- sama aja kek UNPAD nangor, masih mending di nangor ada jatos, hiyat-_- Tapi gapapalah, suasana baru, peghuninya beda-beda juga kan.

Hari pertama lgsg ditinggal mama di asrama, padahal besoknya ada rapat, tapi ya paling cuma gitu-gitulah. Hari pertama itu juga, aku kenal sama temen kamarku, agak sedih sebenernya. Satu kamar tuh kan empat orang, dan tiga penghuni lain selain aku itu semuanya anak undangan yang UDAH lebih lama tinggal, bahkan udah dapet matrikulasi (maksudnya udh kuliah duluan tapi cuma satu matkul). Curang kan? Mereka udah unggul duluan, tapi gak enak juga karena liburan mereka jadi gak ada hahaha *evillaugh*. Terus, kalo kamu mau tahuuuu, aku tidur di ranjang atas, padahal pengen di bawah karena aku kan lumayan berat, takut jatoh, kan gak lucu itu tempat tidur runtuh gara-gara aku. Tapi setelah beberapa bulan di sini, terbukti tempat tidurku kuat, tahan berat! hehehe

Di IPB, kita gak langsung dapet mata kuliah yang ke jurusannya. Ada Tingkat Persiapan Bersama (TPB), mirip ITB lah. Dengan plesetan Tingkat Pembantaian Bersama lah, Tingkat Paling Bahagia lah, dan sebagainya. Buat yang bilang ini layaknya ngulang pelajaran SMA, Anda salah!! Iya, ngulang, tapi tambahan barunya juga adaaaa, sama ajaaaa. Kalo kelas 4-nya SMA baru setuju *apasih?* TPB ini juga temen-temennya dari berbagai jurusan dan berbagai fakultas, jadi gak heran anak IPB temen-temennya banyak, temen asramalah, temen TPBlah, temen jurusanlah, mungkin ada juga temen organisasi. Banyak deh, mana dari manca provinsi lagi. 

Oiya, IPBnya sendiri punya banyak plesetan juga, contoh Institut Pembesaran Betis gegara jarak antar gedungnya yang jauh, terus Institut Pesantren Bogor yang yah kamu bakal merasakan sendiri kalo kamu masuk sini.

Terus ya, untuk beberapa jurusan macam Fisika, Kimia dan lain-lain, termasuk jurusanku. Ada matkul yang beda sendiri yang menyebabkan hari sabtu yang untuk sebagian banyak mahasiswa libur tapi aku TIDAK LIBUURRR. kyaaa, nyebelinnn, jadi menghambat lalu lintas pulang-pergi bandung-bogorku. Kan tanggung kalo sabtu abis kuliah pulang, nyampe malem, numpang tidur, terus besok minggu siangnya pulang lagi. Gak bakal kerasa atulah-_-

Beberapa kali juga sempet kepikiran kenapa gak pilih PO**AN aja, kan di Bandung, gak perlu mikirin uang makan, laundry dan lainnya. Makanan juga tetep enak. Tapi, ini udah pilihanku, aku harus nerima resikonya dan yaudasih jalanin aja. Dan aku bersyukur banget waktu mama gak ngizinin aku kuliah di Jogja sana karena gak kebayang homesicknya, pasti lebih parah karena lebih jauh. Terus kan dari sahabat-sahabat aku di SMA, semuanya masih bertahan di Bandung, yang merantau cuma aku, dan mereka itu ngangenin, mereka pernah kirim rekaman suara yang bilang mereka kangen haaaaa :(

Oke, aku tahu ini postingan absurd banget, tapi peduli amat.

*tulisan di atas ditulis waktu bulan Oktober 2014 kemarin, gak sempet post karena sibuk kuliah dan jaringan yang lelet bikin males post.
*Sekarang mumpung lagi libur aku tambahin foto selama setaun kemarin aja ya?

Agustus 2014 lalu, lorong 3 menangin lomba hmm apaya pokoknya ngehias makanan gitu. Kami juara 1 seasrama A2 dengan bentuk makanan panjat pinang. 

Ini waktu mpkmb alias masa pengenalan kampus mahasiswa baru. Kerjanya cuma jalan-jalan keliling IPB atau duduk-duduk di GWW -_-

Dari sekian ribu maba yang keterima itu, dibagi-bagi kelompok. Aku masuk distrik silvika yang kuning dan sektor 21. 

Ini penampakan aku dan temen sekamar waktu hari kesatu kedua ketiga mpkmb dan welcome party.

Ini perkumpulan anak Bandung, namanya Pamaung. Ini foto diambil waktu halal bihalal agustus 2014 dari angkatan atas sampai kami yang baru, tapi orangnya sedikit karena banyak yang gak ikut.

Ini waktu ITK ngajakin ngumpul pertama kali, september 2014, tapi ya gak lengkap. 

bulan oktober 2014 lalu kelompok kewirausahaan abis wawancara pengelola susu fapet, sebelumnya kita ke kandang sapi yang baunya ugh wangi sekaliii. 

Ini kelas TPB waktu sikrab oktober 2014, yang dikenal baru dikit._.

Ini selesai praktikum fisika dasar bulan oktober apa november lupa, asprak yang lagi duduk adalah asprak paling bening yang sering digodain anak-anak ITK sama Fisika, hiyah.


Ini waktu ujian olahraga, oktober 2014 juga, di lapangan rektorat, panaaasss banget, tapi seru karena bareng-bareng. Gratis donat risol pula πŸ˜¬πŸ˜‹

Entah oktober apa november 2014. Pokoknya ini terakhir kali belajar pengantar matematika sebelum uas.

Ini desember 2014, yang di foto itu semua pamaung 51 yang ikut malam keakraban.

Ini maret 2015, cewe-cewe PDD lagi buat foto booth buat essential.

Ini hari H essentialnya, tapi aku gak simpen foto yang ada stand kelas Q04, jadi ya foto anak-anaknya ajalaya

Ini kelompok biologi, waktu praktikum.

Ini waktu TPB Cup bulan Mei 2015. Kita jadi supporter futsal. Sayang banget langsung kalah wkwk

Ini waktu supporter latihan nyanyi, tapi yang dateng dikit:( btw, aku juga sekalian latihan estafet yang kami juara dua loohhh.

Ini foto sebelum kami, basket putri Q04 tanding. Di hari itu juga, bulan Mei 2015, alis kiri aku sobek -_-

Walaupun sobek, nyut-nyutan dan perban yang agak nutupin mata, tetep dateng buat nyemangatin basket putranya tanding juga dong. Daannn, aku bertransformasi jadi hijab loh, ecie....

Ini waktu Bina Cinta Lingkungan April 2015 lalu, kami disuruh bersih-bersih desa. Kami sampe terjun bersihin solokan dong, cowo-cowonya sih, mana mau diriku bertemu kuman bakteri di sana, ew!

Ini waktu Mei 2015, foto terakhir kuliah sebelum uas semester 2. Huaaa terakhir sekelas sama anak TPB Q04 πŸ™‰

Ini awal Juni 2015 waktu malam keakraban, tapi ini pas paginya. Setelah games. Duh, pengen lagi, walau pas tuker kado, aku dapet petasan coba, sedih gak? Hufff

Ini akhir akhir Mei 2015 waktu perpisahan lorong 3 huaaaa, udah gak asramaan lagideh. Ini foto bareng temen sekamarπŸ™ˆ

Ini foto buat mpf alias masa pengenalan fakultas FPIK atau lebih dikenal sebagai OMBAK. Aku kebagian ekspedisi Challenger, armada Alfonso de Alberqueque, bomat gimana nulisnya. Btw, aku fotonya berasa muslim banget ya roknya panjang, ini soalnya hari kamis dimana aku lagiii, mungkin kalian lebih mengenal dengan kata mabim.-.

Kalo yang tadi foto armada, ini foto ekspedisi tapi gak lengkap. Bulan juni 2015

Ini acara pertama ITK 51 di awal-awal ramadhan 1436, bukber dengan angkatan atas, seru, udah mulai pada deket anak-anaknyaπŸ‘

Ini foto bonus-_- ada aku di belakang, lagi baris di barisan orang-orang yang telat waktu gath 1 ombak, wkwk.

*btw, izin share ya temen-temen yang merasa ada di dalam foto huehehhe ._.v